Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Okt 2019 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Gumuk Pasir Jogja Jadi Venue Lomba Lari di Akhir Pekan Ini

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Gumuk Pasir Bantul, Yogyakarta (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gumuk Pasir Bantul, Yogyakarta (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul - Badan Informasi Geospasial (BIG) menggelar Royal Jogja SandDunes Geospatial Run (RJSGR) 2019 di Pantai Parangtritis, Bantul. Gelaran itu untuk mendongkrak Pariwisata, khususnya Gumuk Pasir di Bantul.

Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin menjelaskan bahwa RJSGR 2019 menawarkan sensasi unik dalam berolahraga. Di mana gelaran itu mengkombinasikan antara olahraga dan pariwisata dengan mengambil lokasi acara di Gumuk Pasir, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul.

"RJSGR 2019 ini dapat dikatakan sebagai olahraga lari berbalut adventure, karena peserta akan merasakan sensasi berlari di gumuk pasir sembari menikmati pemandangan Pantai Parangtritis yang mempesona," ujarnya saat jumpa pers di Jogja National Museum, Jumat (25/10/2019).

Lanjut Zainal, gelaran yang diadakan besok Minggu (27/10/2019) sekaligus memperingati 50 tahun BIG. Terkait pemilihan Bantul sebagai lokasi acara, Zainal mengaku karena ingin mengenalkan Gumuk Pasir ke khalayak luas, terlebih di Bantul terdapat Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) yang juga menjadi Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis (LGPP).

"Ajang ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu objek wisata di Yogyakarta, khususnya Bantul yaitu Gumuk Pasir Parangtritis. Apalagi Gumuk Pasir itu merupakan bukit pasir terluas yang ada di Asia Tenggara," ujarnya.

Gumuk Pasir Jogja Jadi Venue Lomba Lari di Akhir Pekan IniFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom


"Apalagi masih banyak yang belum tahu kalau area Pantai Parangtritis memiliki bukit pasir besar yang dikenal dengan Gumuk Pasir. Fenomena alam ini kan unik, jadi harus dipromosikan secara luas dan salah satunya dengan RJSGR 2019 ini," imbuh Zainal.

Lebih lanjut, dalam gelaran tersebut terdapat 2 kategori, yakni lari 6 kilometer dan 10 kilometer. Sedangkan lintasan lari sendiri terdiri dari rute 80 persen jalan aspal yang melewati jalan raya, jalan desa di sekitar Parangtritis serta melewati pantai dan gumuk pasir Parangtritis.

"Selain menampilkan kontur jalan yang berbeda dan menantang kemampuan lari secara fisik, peserta juga dapat menikmati pemandangan hijau dan suasana sejuk di Pantai. Jadi peserta bisa dapat 2 manfaat langsung, baik secara fisik di mana badan menjadi bugar dan secara psikis jiwa pun menjadi sehat," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia RJSGR 2019 Ali Nor Hidayat mengatakan bahwa animo masyarakat dalam gelaran ini sangat bagus. Menurutnya, saat ini sudah ada ribuan peserta yang mendaftar, baik dari komunitas maupun individu dari berbagai daerah.

"Untuk yang terdaftar sudah ada 1.428 peserta, dengan rincian kategori 6K sebanyak 1.194 peserta dan 10K sebanyak 234 peserta. Karena itu kami berharap event seperti ini bisa jadi event tahunan," ujar Ali.




Simak Video "Pangkas Pohon, Warga Bantul Tewas Tersengat Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA