Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Okt 2019 11:20 WIB

TRAVEL NEWS

Sumedang Ingin Berjaya Lewat Paralayang

Mukhlis Dinillah
detikTravel
Paralayang di Sumedang (Foto: Rico Bagus/detikcom)
Sumedang - Kejuaraan Paralayang Internasional di Sumedang, Jawa Barat memasuki hari terakhir. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berharap event ini bisa menjadi pemicu tumbuhnya ekosistem pariwisata khususnya sport tourism (wisata olahraga).

Dony mengatakan keberadaan spot-spot paralayang di Sumedang menjadi perbedaan dari wilayah lainnya di Jabar. Sehingga, potensi tersebut diharapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan penggemar olahraga ekstrem.

"Harapan saya ke depan, ekosistem sport tourism benar-benar terbentuk sebagai diferensiasi bahwa Sumedang benar-benar 'surganya paralayang dunia'," kata Dony melalui siaran pers yang diterima detikcom, Sabtu (26/10/2019).

Ia menuturkan event ini nantinya bisa menjadi momentum untuk pegiat paralayang mempopulerkan olah raga ekstrem ini. Salah satunya dengan membuka pelatihan bagi masyarakat umum yang ingin belajar paralayang.

Sumedang Ingin Berjaya Lewat ParalayangFoto: Mukhlis Dinillah/detikcom


"Kita sangat mengharapkan respon positif masyarakat setelah berakhirnya even ini, termasuk bagaimana atlet Sumedang turut terpacu untuk membuka latihan paralayang (bagi masyarakat umum) atau membuka coaching clinic," ungkap dia.

"Sekarang banyak (warga) di mana-mana mengunggah dan mem-posting, serta menyebarluaskan kegiatan paralayang ini. Ke depannya jelas ada tempat latihannya, ada pelatihnya, ada orangnya (yang mau berlatih atau mencoba). Ekosistem ini tumbuh bersama-sama komunitas untuk mewujudkan 'surga paralayang' ini," tutur dia.

Dony mengaharapkan even tersebut berdampak terhadap capaian sasaran kegiatan yang ditetapkan.

"Melalui kegiatan ini setidaknya ada tiga hal yang ingin kita raih. Pertama sebagai sarana konsolidasi budaya. Kedua sebagai promosi wisata. Ketiga sebagai pendorong roda ekonomi masyakarat," ujar Dony.

Simak Video "Serunya Olahraga Paralayang, Sumedang"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA