Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Okt 2019 13:04 WIB

TRAVEL NEWS

Deretan Influencer Pariwisata Top Dunia

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi salah satu travel influencer @jeremyaustiin
Jakarta - Bicara influencer pariwisata, tak sedikit yang dibayar mahal untuk traveling dan promosi destinasi wisata. Nama-nama ini pun masuk ke jajaran travel influencer paling top dunia.

Seiring dengan menanjaknya sejumlah media sosial seperti Instagram dan Youtube, turut serta melahirkan sejumlah profesi unik yang sebelumnya tak pernah ada. Salah satunya adalah influencer pariwisata atau yang populer dikenal sebagai travel influencer.

Sesuai namanya, influencer pariwisata adalah orang-orang yang kerap mempromosikan keindahan destinasi wisata melalui akun media sosial mereka. Namun, popularitas mereka dinilai lewat jumlah pengikut (follower) atau subscriber masing-masing.




Semakin besar jumlah pengikut atau subscribernya, tentu semakin banyak pula 'mata' yang melihat mereka. Salah satu tolak ukurnya adalah jumlah 'engagement' yang muncul dari setiap unggahan foto hingga video di media sosial mereka.

Di awal, jumlah dan angka itu mungkin hanya jadi kebanggaan semata untuk masing-masing penggunanya. Namun, lama-kelamaan angka dan pengaruh itu berubah jadi profesi yang kerap dimanfaatkan oleh brand atau tourism board demi kepentingan profesi.

Media asing Guardian pun menyebut para influencer sebagai 'bintang baru promosi berbasis internet.' Sedangkan media Forbes menyebut mereka sebagai kekuatan ekonomi baru. Mungkin tidak berlebihan, karena profesi tersebut juga mendatangkan uang dalam jumlah yang tak sedikit.

Dalam bidang pariwisata, tak sedikit pula para influencer pariwisata yang dibayar mahal oleh tourism board negara-negara besar termasuk Indonesia untuk promosi wisata. Mungkin ada traveler yang penasaran siapa saja mereka?

Menurut situs global HYPR yang fokus pada pencarian influencer melalui media sosial, mereka mendata 8 nama influencer pariwisata top dunia. Selain memiliki jumlah pengikut yang mencapai ratusan ribu di seluruh dunia, masing-masing juga punya engagement rate yang cukup bagus. Di mana semua faktor itu akan berpengaruh pada nilai jual mereka. Berikut di antaranya:

1. Chelsea Yamase

Di daftar pertama ada Chelsea Yamase atau yang dikenal dengan nama akun Instagram @chelseakauai. Berawal dari kecintaannya mengunggah foto-foto travel di Instagram, dara asal Hawaii ini meraih popularitas dalam waktu yang cukup cepat.

[Gambas:Instagram]

Kecintaannya akan alam pun membuat feed Instagramnya kerap dipenuhi foto hiking, diving, surfing dan aneka kegiatan outdoor lainnya. Chelsea diketahui memiliki lebih dari 700 ribu pengikut dengan engagement rate 7,31%. Pihak Kemenpar pun pernah mengundang Chelsea untuk promosi keindahan Indonesia.

2. Sarah

Berasal dari Byron Bay, Australia, Sarah atau yang memiliki nama Instagram @saltyluxe juga tak kalah populer dengan Chelsea. Memiliki pengikut sebanyak 345 ribu di Instagram, Sarah memiliki engagement rate yang cukup baik sebesar 3,04%.

[Gambas:Instagram]

Selain Instagram, Sarah juga memanfaatkan media Blog untuk berbagi cerita dan kisah perjalannya saat keliling dunia. Ia pun kerap berbagi tips perjalanan yang cukup menarik di blognya.

3. Tara Whiteman

Di kalangan influencer pariwisata, nama Tara Whiteman atau yang dikenal dengan nama Instagram @taramilktea tentunya sudah cukup populer. Jajaran brand hotel hingga fashion mewah kerap menghiasi tagar di tiap unggahan fotonya.

[Gambas:Instagram]

Berasal dari Sydney, Australia, dara berwajah oriental ini kerap berwisata dengan gaya dan mewah. Diketahui, Tara memiliki pengikut hingga lebih dari 1,2 juta di Instagram dengan engagement rate 2,93%. Tak heran kalau banyak brand yang mengendorsed dirinya.

4. Elise Cook

Berasal dari Australia, nama Elise Cook atau yang populer dengan nama akun Instagram @elisecook merupakan salah satu influencer pariwisata global yang cukup populer. Ia memiliki 353 ribu pengikut di Instagram dengan engagement rate 6,42%.

[Gambas:Instagram]

Diketahui, popularitasnya sebagai influencer pariwisata mulai menanjak ketika ia mulai traveling bersama suaminya beberapa tahun silam. Elise dikenal akan gaya travelingnya dengan van.

5. Alexandra Saper

Berasal dari Amerika, Alexandra Saper atau yang memiliki nama Instagram @thewayfaress dienal sebagai influencer hingga blogger pariwisata. Memiliki renjana di bidang traveling, ia bahkan rela meninggalkan pekerjaannya di sebagai pengacara dan memilih menetap di Bali.

[Gambas:Instagram]

Alex pun kerap traveling keliling dunia dan menuliskan pengalamannya lewat blog hingga Instagram pribadinya. Untuk jumlah pengikut, Alex diikuti sekitar 65,5 ribu pengikut. Ia pun termasuk kategori influencer mikro, tapi engagement adalah 8,13% atau lebih tinggi dari Chelsea Yamase!

6. Lauren Bullen

Selain Chelsea Yamase, nama Lauren Bullen atau yang populer sebagai @gypsea_lust juga telah dikenal di jajaran influencer pariwisata dunia. Jika ada daftar 3 besar influencer pariwisata terbaik dunia, Lauren tentu masuk di daftar tersebut.

[Gambas:Instagram]

Memiliki kekasih yang juga merupakan influencer pariwisata top, membuat Lauren diikuti oleh 2 juta orang di Instagram. Dengan jumlah pengikut sebanyak itu, Lauren juga memiliki engagement rate sebanyak 2,95%.

7. Jeremy Austin

Bersama dengan kekasihnya, Jeremy Austin atau @jeremyaustiin juga masuk jajaran influencer pariwisata top dunia. Diketahui, Jeremy punya 287 ribu pengikut dan engagement rate sekitar 2,62%.

[Gambas:Instagram]

Selain aktif mengunggah foto dan video traveling berkualitas di Instagramnya, Jeremy dan kekasihnya juga menulis di blog mereka yang bernama AddictedToTravels.

8. Emilie Ristevski

Terakhir di daftar, ada Emilie Ristevski atau yang memiliki akun Instagram @helloemilie. Berasal dari Australia, Emilie populer berkat foto-foto perjalanannya yang dikemas menarik dan begitu aesthetic. Tak sedikit yang dibuat terpukau akan keindahan foto-fotonya.

[Gambas:Instagram]

Di luar foto travelingnya yang indah, Emilie punya 1 juta pengikut dan engagement rate sekitar 3,59%. Bagaimana? Semoga bisa menginspirasi para traveler sekalian.



(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA