Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Nov 2019 13:31 WIB

TRAVEL NEWS

Hingga November, 450 Hektare Lahan Gunung Tambora Terbakar

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Kebakaran Hutan Gunung Tambora (Istimewa)
Kebakaran Hutan Gunung Tambora (Istimewa)
Dompu - Menjelang akhir tahun 2019, sampai dengan bulan November, 450 hektare lahan di Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) tercatat sudah mengalami kebakaran hutan (karhut) hebat.

Awalnya, luas lahan yang terbakar di gunung Tambora mencapai 80 hektare saja. Namun setelah kebakaran hebat yang terjadi pada pertengahan Oktober lalu, luas kawasan meningkat drastis.

"Luas lahan yang terbakar sejak Agustus-November ini sekitar 450 hektare," kata Kepala Balai TN Tambora Murlan Dameria Pane, pada detikcom, Selasa (05/11/2019).




450 hektare tersebut tersebar di semua wilayah kawasan taman nasional, seperti di Resor Pancasila, Resir Doroncanga, Resor Kawindo Toi, dan Resor Piong.

Karena tidak ada lagi ditemukan munculnya titik api, TN Tambora juga kini telah membuka kembali pendakian yang sebelumnya ditutup sementara. 4 pintu pendakian di semua resor bisa dilakukan untuk aktivitas pendakian.

"Beberapa hari ini tidak ada karhut di kawasan TN Tambora. Mulai hari ini pendakian sudah dibuka kembali. Semua jalur pendakian kita buka kembali setelah kita putuskan untuk menutup sementara beberapa waktu lalu," ujar Murlan.

Hingga November, 450 Hektare Lahan Gunung Tambora TerbakarKebakaran hutan yang sempat melanda Gunung Tambora. (Foto: dok. Korem 162/WB)





Simak Video "Kebakaran Hutan di California"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA