Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Nov 2019 16:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kapan Jalur Pendakian Gunung Semeru Dibuka Lagi?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi Gunung Semeru (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Ilustrasi Gunung Semeru (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Jakarta - Jalur pendakian Gunung Semeru ditutup sejak bulan September lalu. Kini banyak yang sudah kangen ingin menjelajahinya kembali. Kapan jalur pendakian dibuka lagi?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan itu, detikcom pun berusaha menghubungi pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Sejauh ini pengelola rupanya belum bisa memastikan tanggal jalur pendakian dibuka lagi karena mesti dilakukan survei awal lebih dulu sebelum pembukaan.

"Kita lihat dulu potensi-potensi longsor di jalur pendakian. Jadi kita belum bisa menentukan kapan dibuka jalur pendakiannya," kata Syarif Hidayat dari Humas TNBTS, dalam sambungan telepon dengan detikcom, Kamis (7/11/2019).

Selain potensi longsor, pihak TNBTS juga akan memeriksa terlebih dulu bekas kebakaran yang kemarin melanda Gunung Semeru. Semua potensi kerawanan harus diperhitungkan sebelum jalur pendakiannya dibuka.




"Nanti akan ada tim yang melihat bekas kebakaran. Memang itu perlu dilihat lagi. Lalu soal potensi-potensi rawannya," jelas Syarif.

"Hujan dua hari di minggu lalu cukup bagus untuk Gunung Semeru setelah kebakaran. Dan cuaca juga belum pasti jadi perlu diperhitungkan," pungkas dia.

Dalam berita sebelumnya, ada yang berbeda dengan pemandangan Gunung Semeru pagi ini, bertopi. Begitu cantik dan netizen pun bertanya-tanya kapan jalur pendakiannya akan dibuka.

TNBTS menjelaskan bahwa terbentuknya awan tersebut akibat pergerakan angin yang menabrak pegunungan atau bukit. Momen ini juga dijadikannya menarik simpati para pendaki sekaligus mengabarkan bahwa Gunung Semeru masih ditutup.






Simak Video "Melihat Eksotisme Ranu Kumbolo di Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA