Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Nov 2019 05:55 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Perbedaan Visa dan Paspor yang Wajib Kamu Ketahui

Lusiana Mustinda
detikTravel
Perbedaan Paspor dan Visa. Foto: BBC Magazine
Perbedaan Paspor dan Visa. Foto: BBC Magazine
Jakarta - Mungkin masih ada yang bingung dengan beda visa dengan paspor, dua dokumen yang wajib dibawa saat bepergian ke negara lain. Lalu apa saja perbedaan visa dan paspor?

Bagi kamu yang baru ingin merencanakan liburan ke luar negeri mungkin bingung, apa perbedaan antara visa dan paspor. Karena masih banyak yang sering salah mengartikan.




Sama-sama menjadi dokumen penting ketika berkunjung ke suatu negara. Berikut penjelasan tentang perbedaan visa dan paspor yang dirangkum oleh detikTravel:

Visa

Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh dari kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsultan Jenderal atau Kedutaan Asing. Visa merupakan tanda bukti "boleh berkunjung" yang diberikan kepada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk.

Di visa juga tertulis data diri, tanggal kedatangan dan kepulangan, serta tujuan memastikan keamanan negara yang akan dikunjungi si pemilik visa. Karena tanpa visa, penyelundup bisa bebas keluar-masuk sebuah negara. Untuk penggunanya, visa dipandang sebagai tolak ukur apakah ia layak untuk datang ke sebuah negara.

Paspor

Paspor wajib dimiliki setiap orang yang ingin melakukan perjalanan lintas negara. Paspor adalah identitas kita selama berada di negeri orang. Paspor juga sebagai bukti bahwa kita memiliki kewarganegaraan. Sehingga, jika terjadi sesuatu kepada kita bisa datang langsung ke Kedutaan RI atau kedutaan negara asal kita di negara yang sedang kita kunjungi.

Tentang perbedaan visa dan paspor, kamu harus perhatikan beberapa hal ini:

1. Institusi yang berwenang

Paspor merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh institusi resmi negara sebagai tanda indentitas warga negara yang sedang berada di negara lain. Paspor di Indonesia dikeluarkan oleh lembaga imigrasi.

Visa merupakan sebuah tanda izin masuk suatu negara. Visa dikeluarkan oleh kedutaan negara yang ingin Anda kunjungi. Apabila seseorang memasuki negara tanpa visa bisa dikeluarkan karena dianggap illegal dan mendapatkan sanksi berat.

2. Kegunaan Paspor dan Visa

Paspor berguna sebagai tanda sah kepemilikan kewarganegaraan, sedangkan visa dijadikan sebagai tolak ukur suatu negara bahwa negara yang akan dikunjungi dapat menerima kita. Paspor bisa dimiliki semua orang tetapi visa belum tentu dapat dimiliki oleh semua orang. Karena suatu negara memiliki hak untuk menolak permohonan.

VisaVisa Foto: ABC Australia

3. Jenis Paspor dan Visa

Jenis paspor yang berlaku di Indonesia ada tiga, yaitu:

- Paspor biasa (paspor hijau) digunakan oleh masyarakat umum untuk mengunjungi suatu negara.
- Paspor dinas (paspor biru) paspor ini biasanya digunakan oleh pejabat atau konsultan pemerintah yang akan melaksanakan perjalanan dinas ke luar negeri.
- Paspor diplomatik, paspor ini digunakan untuk perjalanan diplomatik.

Paspor hanya berlaku selama 5 tahun saja dan bisa dicabut kepemilikannya tanpa pemberitahuan.

Jenis visa tergantung maksud tujuan kedatangan ke negara yang akan dikunjungi, berikut diantaranya:

- Short-stay visa biasa digunakan para turis dan hanya berlaku jangka pendek (15-30 hari) dibuktikan dengan tiket pesawat pergi-pulang yang sudah kamu pesan.

- Student visa biasa digunakan oleh pelajar asing dan masa berlakunya sampai masa studi berakhir

- Temporary-worker visa biasa digunakan para pekerja asing yang berkomitmen untuk ke negara asalnya usai masa kerja berakhir.

Jadi sudah tahu kan perbedaan antara visa dan paspor?





Simak Video "Ada Kebijakan Baru, Bikin Visa Korea Selatan Jadi Kian Mudah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA