Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Nov 2019 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Pariwisata di Bandung Barat Bersolek Sambut Kereta Cepat

Yudha Maulana
detikTravel
Wisata Sendang Geulis Kahuripan di Cikalong Wetan, Bandung Barat. (Foto: dTraveler)
Wisata Sendang Geulis Kahuripan di Cikalong Wetan, Bandung Barat. (Foto: d'Traveler)
Bandung - Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggenjot pembangunan sarana dan prasarana penunjang pariwisata setempat. Hal itu untuk menjaring wisatawan seiring pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung.

"Dengan dibangunnya TOD (transit oriented development) di Bandung Barat akan ada peluang arus wisatawan dari Jakarta masuk ke Bandung Barat," ujar Kadisparbud KBB Sri Dustirawati saat ditemui di kantornya.

Menurut Sri, saat ini ada beberapa objek wisata di KBB, terutama di Cikalong Wetan, yang belum begitu terekspos. Di antaranya wisata air Sendang Geulis Kahuripan, Bukit Senyum, dan wisata kuliner kopi Burangrang Selatan.

"Yang masih menjadi kendala di sana adalah infrastrukturnya, jalanannya masih berbatu. Ini yang membuat wisatawan agak repot. Makanya pak bupati berencana membenahi jalannya dan objek wisatanya," kata Sri.




Selain itu, pihaknya juga akan membangun wisata air Lembang Dano atau wisata danau di tengah pegunungan. Konsepnya akan dibuat dengan arsitektur dan tematik bambu.

"Semoga bambunya bisa tumbuh, karena akan ada bermacam-macam bambu di sana, nanti ada paket wisata di sana," katanya.

"Kelompok sadar wisata (pokdarwis) di sekitar objek wisata juga harus dibina lagi. Jadi harus bisa menjelaskan asal muasal tempat itu dan lain sebagainya," kata Sri melanjutkan.

Di samping itu, ujar Sri, Pemkab Bandung Barat juga akan melebarkan jalan tembus dari Cikalong Wetan - Cisarua - Lembang. "Nanti dari Tugu Nanas, tembus ke SPN Polda Jabar di Cisarua. Jalan yang asalnya tiga meter akan dilebarkan menjadi delapan meter," katanya.




Simak Video "Duh! Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ganggu Aktivitas Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA