Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Nov 2019 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Hong Kong Masih Rusuh, Sejumlah Maskapai Batalkan Penerbangan

Putu Intan Raka
detikTravel
Unujuk rasa di Hong Kong (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Unujuk rasa di Hong Kong (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Jakarta - Sejumlah maskapai penerbangan membatalkan penerbangannya ke Hong Kong sampai beberapa minggu ke depan. Hal ini dilakukan seiring demonstrasi yang masih bergejolak.

Dilansir dari Reuters, Selasa (19/11/2019), maskapai yang melakukan pembatalan penerbangan ke Hong Kong adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, SpiceJet Ltd milik India, AirAsia Group Bhd milik Malaysia, JejuAir Co Ltd milik Korea Selatan, dan maskapai asal Filipina yaitu PAL Holdings Inc dan Cebu Air Inc. Maskapai-maskapai tersebut merupakan maskapai asal Asia.

Pembatalan ini dilakukan usai kepolisian Hong Kong menembakkan gas air mata pada para pengunjuk rasa yang hendak melarikan diri dari universitas yang dikepung pada Senin (18/11) kemarin. Sementara itu petugas bersenjatakan lainnya juga telah disiapkan untuk mengusir para pengunjuk rasa.

Kerusuhan yang berlangsung selama hampir enam bulan dan ditambah dengan perang dagang China dengan Amerika Serikat, telah membuat Hong Kong yang menjadi salah satu pusat keuangan Asia itu memasuki resesi (penurunan produk domestik bruto) untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir.

Hong Kong Masih Rusuh, Sejumlah Maskapai Batalkan Penerbangan(AP Photo/Ng Han Guan)


BACA JUGA: Tentang Hong Kong dan Demo yang Matikan Pariwisatanya

Otoritas Bandara Hong Kong pada Minggu (17/11/2019) lalu melaporkan terjadi penurunan penumpang sebesar 13 persen dan penurunan perjalanan baik kedatangan maupun keberangkatan sebesar 6,1 persen pada Oktober. Penurunan ini adalah yang terburuk sepanjang kerusuhan terjadi. Hal ini terjadi karena mayoritas wisatawan hanya mengunjungi Hong Kong sebagai tempat transit, bukan sebagai destinasi wisata.

Pada Senin lalu, Garuda Indonesia telah mengurangi jadwal penerbangan mingguan ke Hong Kong dari awalnya 21 penerbangan menjadi 4 penerbangan hingga pertengahan Desember. Selain itu, maskapai SpiceJet juga menangguhkan penerbangan rute Mumbai-Hong Kong sampai 15 Januari dan Air Asia menghapuskan penerbangan dari Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu pada Desember dan Januari.

Hong Kong Masih Rusuh, Sejumlah Maskapai Batalkan Penerbangan(AP Photo)

Sebelumnya pada bulan November, juru bicara Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengatakan bahwa Garuda Indonesia menyesuaikan jadwal penerbangan dari Jakarta ke Hong Kong yang mulanya 14 penerbangan per minggu menjadi 2 penerbangan saja per minggu. Selain itu untuk rute Denpasar ke Hong Kong juga dikurangi dari 7 penerbangan menjadi 2 penerbangan saja.




Simak Video "Dikepung Polisi di Kampus, Demonstran Hong Kong Dijemput Ortu"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA