Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Nov 2019 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Tipis Banget! Pesawat Nyaris Tabrakan dengan Drone

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi pesawat maskapai easyJet (dok easyJet)
Ilustrasi pesawat maskapai easyJet (dok easyJet)
London - Keberadaan drone juga jadi momok bagi dunia penerbangan. Pesawat maskapai Inggris ini misalnya, yang nyaris bertabrakan dengan drone saat mengudara.

Seperti diberitakan media The Independent yang dikutip detikcom, Rabu (20/11/2019), peristiwa itu terungkap baru-baru ini walaupun kejadiannya berlangsung pada 8 Juli 2019 lalu.




Dalam nota penerbangan Inggris di tanggal tersebut, diketahui bahwa sebuah pesawat maskapai easyJet nyaris menabrak drone di level ketinggian udara yang sama. Jaraknya pun begitu tipis, hanya 20 meter saja dari pesawat.

Pihak kru mengatakan, besar kemungkinan pesawat akan benar-benar menabrak drone apabila fitur autopilot tetap dinyalakan. Kronologisnya, saat itu pesawat yang tengah menuju Bandara Gatwick di London dikejutkan oleh penampakan drone.

Saat itu, kapten pilot mendapati adanya sebuah objek yang terbang ke arah pesawat. Lokasinya hanya berjarak sekitar 100 meter di sisi kiri pesawat.

"Kontak visual dengan drone terjadi ketika drone berbelok ke sisi kiri pesawat di ketinggian yang sama," bunyi laporannya.




Drone berjenis DJI Inspire yang tak diketahui pemiliknya itu dianggap telah melanggar batas aman terbang, yakni di bawah 400 meter, sehingga dianggap membahayakan pesawat dan semua orang di dalamnya.

Insiden itu pun dikategorikan sebagai kelas A, yang berarti ada kemungkinan besar kalau pesawat akan bertabrakan, sebagaimana disebut UK Airprox Board yang bertugas mencatat aneka probabilitas pesawat bertabrakan dengan objek asing.




Simak Video "National Gallery, Museum yang Wajib Dikunjungi Saat di London"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA