Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Nov 2019 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Dampak Demo Hong Kong, Kuil di Jepang Jadi Korban Corat-coret

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Papan kayu ema di kuil Jepang yang jadi korban vandalisme berupa corat-coretan. (Twitter)
Papan kayu ema di kuil Jepang yang jadi korban vandalisme berupa corat-coretan. (Twitter)
Kyoto - Dampak dari demo Hong Kong tak hanya dirasakan di sana, tapi merembet hingga ke Jepang. Kuil di Negeri Sakura jadi korban vandalisme berupa corat-coret politis.

Seperti diberitakan media Jepang NHK, kuil populer Kiyomizu Dera yang terletak di Kyoto, Jepang turut terimbas demo Hong Kong. Dalam sejumlah unggahan netizen Jepang, tampak kalau sejumlah papan kayu doa di kuil Jepang atau yang disebut ema dalam bahasa Jepang jadi sasaran para pelaku vandalisme.

Vandalisme berupa coret-coret itu pun terjadi di tiap papan ema yang berisi harapan untuk para pendemo Hong Kong. Sedihnya, hal serupa juga ditemui di sejumlah kuil populer lain seperti Kuil Kasuga di Nara, Kuil Hokoku di Osaka hingga Kuil Konpira di prefektur Kagawa.


Kebanyakan papan ema itu pun dicorat-coret dan diberi tulisan bernuansa politis One China, yang merujuk pada dukungan untuk Pemerintah China yang berseberangan dengan para pendemo Hong Kong.

Padahal, sejatinya papan kayu ema adalah bagian tak terpisahkan di kuil Jepang sebagai media untuk mengungkapkan doa dan harapan baik, dengan cara menggantungnya di wilayah kuil. Tapi aksi vandalisme ini benar-benar mencoreng tujuan awal dari papan kayu ema.

Mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi lagi, pihak pengelola Kuil Hokoku di Osaka telah memasang papan peringatan dalam tiga bahasa yang melarang pengunjung melakukan aksi vandalisme tersebut.




Simak Video "Dikepung Polisi di Kampus, Demonstran Hong Kong Dijemput Ortu"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA