Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Nov 2019 08:03 WIB

TRAVEL NEWS

Suami Istri Pecahkan Rekor, ke 13 Situs UNESCO dalam 12 Jam

Putu Intan
detikTravel
Foto: dok. Paulniel.com
Foto: dok. Paulniel.com
Jakarta - Sepasang suami istri, Paul Niel dan Esther Rolling, berhasil mengunjungi 13 situs warisan dunia UNESCO di Belanda dan Belgia dalam 12 jam; sebuah pemecahan rekor.

Dilansir South China Morning Post, dalam tantangan ini Niel dan Rolling hanya diperbolehkan Guinness World Record untuk menggunakan transportasi publik. Mereka berhasil memecahkan dua rekor yaitu kunjungan terbanyak selama 12 jam dan 24 jam.

"Itu yang membuat kami, setidaknya untuk saat ini, menjadi pemegang rekor dunia ganda," kata Niel.

"Saya gembira dengan kemenangan ini," kata Rolling. "Tapi perjalanan itu sendiri yang membuatnya spesial."




Tantangan ini terinspirasi dari keinginan Niel untuk lebih mengenal tempat asal Rolling di Belanda. Pasangan yang telah menetap di Hong Kong ini menikah pada 2015. Keduanya telah dikaruniai seorang anak perempuan berusia 3 tahun bernama Zaya. Ketiganya telah berkelana ke 34 negara namun tak pernah punya cukup waktu di Belanda. Mereka kemudian memutuskan untuk melakukan tantangan mengunjungi situs warisan dunia UNESCO karena Belanda dan Brussel di Belgia sama-sama punya banyak situs warisan dunia.

"Keduanya merupakan negara kecil dengan sejarah besar. Apalagi Belanda fokus dalam melestarikan bangunan tua dan situs bersejarah," kata Rolling.

Mereka memulai perjalanan pada 12 Juli di Tornai, Belgia dan menyelesaikan misi dalam waktu 11 jam 45 menit di Middenbeemster, Amsterdam utara. Pada tantangan itu, Niel berjalan menggunakan kruk. Ia sebenarnya sedang ada dalam proses penyembuhan usai terjatuh dari ketinggian 20 meter ketika mendaki gunung di rute Sai Kung, Hong Kong Desember tahun lalu.

Beberapa situs yang mereka kunjungi adalah Notre Dame Katedral di Tournai yang merupakan gereja gothic yang luas, Beguinage de Bruges, dan Pabrik Kopi Van Nelle di Rotterdam yang dibangun pada 1920.

Suami Istri Pecahkan Rekor, ke 13 Situs UNESCO dalam 12 JamPabrik Kopi Van Nelle, Belanda. (Foto: iStock)

"Kami tidak memiliki kesempatan untuk melihat situs itu secara detail dan kami berencana untuk mengunjunginya lagi ketika waktu kami tak dibatasi," kata Rolling.

Dalam usaha memecahkan rekor tersebut, mereka dihadang sejumlah tantangan, mulai dari situs yang tutup sampai ponsel Rolling yang tertinggal di bus.

Saat ponsel mereka tertinggal, mereka memutuskan untuk kembali karena mereka amat bergantung pada ponsel itu. Mereka punya pilihan untuk naik kuda atau gerobak tapi mereka ragu kalau itu tergolong transportasi umum.

"Saat kamu sudah merencanakan semuanya lalu hal yang terjadi berjalan tak sesuai rencana, kamu harus menjaga selera humor," ujar Niel.

Bagi siapapun yang ingin melakukan tantangan serupa, Niel menyarankan untuk tetap menikmati prosesnya walaupun sulit. Ia juga merekomendasikan orang-orang untuk membaca petunjuk Guinness World Record sebelum melakukan tantangan untuk menghindari diskualifikasi.




Simak Video "Status Warisan Dunia Venesia Terancam Dicabut UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA