Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Nov 2019 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Iya Hiu Tak Punya Tulang?

Bonauli
detikTravel
Hiu (iStock)
Hiu (iStock)
Jakarta - Sebagai predator di air, hiu punya penciuman tajam walaupun sering dianggap sebagai hewan unik karena tidak punya tulang. Apa iya demikian?

Dihimpun detikcom dari situs resmi National Oceanic and Atmosphere Administration (NOAA) Amerika Serikat, Selasa (26/11/2019), hiu ternyata memang dikategorikan sebagai hewan yang tidak punya tulang.


Lho, kalau begitu, bagaimana hiu bisa mempertahankan bentuk tubuhnya? Apalagi tulang kan secara umum membantu tubuh sebagai penopang dan melindungi organ-organ internal makhluk hidup.

Jadi begini penjelasannya. Hiu memang tidak punya tulang yang keras di tubuh karena termasuk dalam elasmobranch, alias kelompok ikan yang kerangka tubuhnya terbuat dari tulang rawan. Contoh tulang rawan ini di antaranya adalah daun telinga dan ujung hidung pada manusia.


Kerangka dari jaringan tulang rawan ini membantu hiu dalam berenang. Hal ini disebabkan karena tulang rawan sangat ringan dibandingkan dengan tulang biasa.

Hiu juga memiliki hati yang penuh dengan minyak dan tidak terlalu padat. Hal itu turut mempermudah hiu dalam berenang. Meski tak memiliki tulang padat, yang kita kenal secara umum, tetapi hiu tetap bisa jadi fosil. Saat hiu tua, tubuhnya akan menyimpan garam kalsium di kerangka tulang rawan.


Garam kalsium ini akan membuat tulang rawan mengeras. Meski bukan tulang sepenuhnya, namun rahang hiu kerap dijadikan fosil. Lapisan email pada gigi hiu juga membuatnya jadi fosil.

Sudah tahu kan? Nah, jika lain kali ada teman yang mengutip ungkapan "lidah tak bertulang", mungkin kamu bisa nyeletuk, "hiu juga lho".



Simak Video "Video Kawanan Hiu Muncul di Pantai Nusa Dua "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA