Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Des 2019 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kiat Tembus Visa Liburan AS

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi visa (Ari Saputra/detikcom)
Ilustrasi visa (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Orang-orang beranggapan mendapatkan visa liburan ke AS itu sulit. Apakah betul? Bagaimana caranya agar lolos seleksi?

Perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa anggapan sulit dapat visa itu tidak benar. Hal ini mereka jelaskan saat detikcom mengunjungi Safe Travel Fest, Jumat (29/11) kemarin.

"Itu (susah dapat visa) cuma gosip, cuma rumor. Penerimaan visa itu tergantung pada setiap individu, kita tidak bisa mengeneralisir kalau itu susah. Setiap orang berbeda, jadi keputusannya juga berbeda," katanya.



Kendati demikian, mereka tak menampik bila ada orang-orang yang gagal pergi liburan ke AS. Mereka juga mengatakan tidak ada tips atau trik khusus agar bisa mendapatkan visa. Namun salah satu tahap yang harus diperhatikan adalah pada saat wawancara.

"Wawancara menentukan dapat atau tidaknya, kalau lolos ya dapat," katanya.

"Secara umum yang membuat mereka ditolak adalah ikatan ke-Indonesiaannya yang tidak kuat. Jadi mereka harus membuktikan kalau mereka harus kembali lagi, harus pulang ke Indonesia," terangnya.



Dokumen-dokumen pendukung dalam pembuatan visa juga harus lengkap dan asli. Dokumen itu antara lain formulir permohonan visa, paspor, foto ukuran 5cmx5cm, tanda terima biaya pendaftaran USD 160 atau sekitar Rp 2,3 juta, bukti pendapatan, pembayaran pajak, kepemilikan properti dan bisnis atau aset, jadwal perjalanan, dan lain-lain.

Dokumen ini nantinya akan dicocokkan selama wawancara. Keduanya harus sinkron agar bisa lolos.

Perwakilan Kedubes AS Juga menghimbau para pengaju visa untuk tetap tenang dan jujur dalam proses seleksi.

"Don't be nervous. Kalau nervous biasanya jadi ngaco jawabnya, jadi salah ngomong. Kemudian be honest," imbaunya.

Bila calon traveler gagal dalam pengajuan visa, mereka diperbolehkan untuk mencobanya kembali. Pada saat percobaan berikutnya, mereka akan berhadapan dengan pewawancara yang berbeda dan akan dinilai kembali dari 0, jadi hasil tes sebelumnya tidak akan dipertimbangkan.

Simak Video "Drama Pengejaran Perampok Perhiasan Disertai Penyanderaan di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA