Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Des 2019 20:35 WIB

TRAVEL NEWS

Candi Borobudur Bikin Pejabat Kemenlu Republik Ceko Terkesan

Eko Susanto
detikTravel
Candi Borobudur Bikin Pejabat Kemenlu Republik Ceko Terkesan. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Candi Borobudur Bikin Pejabat Kemenlu Republik Ceko Terkesan. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang - Candi Borobudur mendapat kunjungan dari Sekretaris Negara Kementerian Luar Negeri Republik Ceko. Pejabat itu sangat terkesan dengan keindahan Candi Borobudur.

Sekretaris Negara Kementerian Luar Negeri Republik Ceko Miloslav Stasek tiba di kompleks Candi Borobudur sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (9/12/2019). Setelah menandatangani buku tamu dan menerima kenang-kenangan buku dari Balai Konservasi Borobudur (BKB) dan Taman Wisata Candi Borobudur, ia melakukan sesi foto bersama.

Candi Borobudur Bikin Pejabat Kemenlu Republik Ceko TerkesanFoto: Eko Susanto/detikcom

Usai melakukan sesi foto dengan latar belakang Candi Borobudur, Miloslav Stasek beserta rombongan naik candi melalui sisi selatan. Saat berada di Candi Borobudur, dia mendengarkan penjelasan mengenai cerita relief Candi Borobudur dari pemandu BKB, Hari Setyawan.

Setelah itu, Stasek kemudian naik menuju stupa induk yang berada di atas. Di stupa induk tersebut, rombongan dari Republik Ceko sempat melihat Gunung Merapi, bahkan sempat memfoto keindahan candi.

Saat mendengarkan penjelasan dari pemandu, tiba-tiba turun hujan. Untuk itu, kemudian rombongan turun melalui sisi barat

"Candi Borobudur salah satu candi terbesar dan terindah," kata Miloslav Stasek kepada wartawan melalui terjemahan pemandu, Hari Setyawan, di Candi Borobudur.

Candi Borobudur Bikin Pejabat Kemenlu Republik Ceko TerkesanFoto: Eko Susanto/detikcom

Kedatangannya ke Borobudur, katanya, merupakan kunjungan kenegaraan untuk membahas berbagai isu terutama terkait perkembangan Indonesia yang dirasa sangat baik di antara negara-negara di Asia Tenggara.

"Ingin menjalin kerja sama salah satunya di bidang pendidikan, dalam bidang pengembangan transportasi dan sebagainya. Nantinya akan ada pertemuan-pertemuan dengan pejabat setempat terkait dengan beberapa hal yang nanti disetujui. Atau mungkin nanti akan membahas kunjungan dari Indonesia ke Republik Ceko ataupun sebaliknya dari Republik Ceko ke Indonesia," tuturnya.

Sebelum menuju Candi Borobudur, katanya, rombongan delegasi Republik Ceko telah berkunjung ke Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Adapun yang dibahas antara lain mengenai kunjungan pariwisata dari kedua negara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Kemudian, dibahas kemungkinan pembukaan penerbangan langsung dari Republik Ceko menuju Yogyakarta dan atau sebaliknya.

"Juga banyak disinggung tadi mengenai beberapa hal terkait pengembangan jalur kereta api baik itu trem maupun kereta api," ujarnya seraya menyebut membahas pula modernisasi pengembangan jalur kereta api," ucapnya.




Simak Video "Demi Goda Wisatawan, Jokowi akan Percantik Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA