Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Des 2019 20:18 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! Besok Ada Pawai Budaya 'Wayang' Nitilaku 2019 Keraton-UGM

Usman Hadi
detikTravel
Ilustrasi ketua kagama Ganjar Pranowo. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Ilustrasi ketua kagama Ganjar Pranowo. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Sleman - Universitas Gadjah Mada (UGM) akan kembali menggelar pawai budaya nitilaku 2019, Minggu (15/12/2019) besok. Ketua Umum Keluarga Alumni (Kagama) Ganjar Pranowo menyebut ada yang berbeda dalam nitilaku tahun ini: sebagian peserta mengenakan kostum wayang.

"(Nitilaku 2019) ada unsur budayanya, maka besok katanya temanya wayang," kata Ganjar kepada wartawan usai melantik pengurus pusat, dewan pertimbangan dan dewan pakar Keluarga Alumni Universitas Gadjah (Kagama) 2019-2024 di Balai Senat UGM, Sabtu (14/12/2019).

Nitilaku merupakan pawai yang setiap tahunnya digelar UGM dalam rangka mengenang prosesi perpindahan kampus UGM dari Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ke Bulaksumur, Sleman. Pawai ini diikuti oleh segenap keluarga besar UGM.

Catat! Besok Ada Pawai Budaya 'Wayang' Nitilaku 2019 Keraton-UGMNitilaku UGM pada tahun 2018 lalu. (Foto: Usman Hadi/detikcom)

"Kira-kira (tujuan nitilaku 2019) ya kacang ojo lali karo lanjarane, terus kemudian mengerti sejarahnya (berdirinya UGM) yang kemudian direpresentasikan jalan dari Keraton ke sini (UGM). Karena UGM tidak bisa lepas dari Keraton," tutur Ganjar.

Rektor UGM, Panut Mulyono, menjelaskan pawai budaya nitilaku 2019 bertemakan 'menggugah warisan-bersama kebangsaan dan berbudaya'. Ia memastikan pawai ini akan berlangsung meriah dengan diikuti ribuan peserta yang sebagian berkostum wayang.

"Wayang merupakan budaya bangsa Indonesia yang sarat makna keteladanan, kepahlawanan, ketokohan, kebijaksanaan, dan tentunya kebudayaan yang merupakan salah satu jati diri UGM sebagai universitas pusat kebudayaan," kata Panut dalam keterangannya.

Berdasarkan rilis UGM, sejumlah tokoh direncanakan ikut memerintahkan nitilaku 2019. Di antaranya Mensesneg Pratikno, Menkopolhukam Mahfud Md, Menteri PUPR Basuki, Menlu Retno Marsudi, Menko Perekonomian Airlangga, dan Menhub Budi Karya.

Catat! Besok Ada Pawai Budaya 'Wayang' Nitilaku 2019 Keraton-UGMGanjar Pranowo di Nitilaku UGM 2018. (Foto: Usman Hadi/detikcom)

Sementara Ganjar belum bisa memastikan siapa saja menteri yang dipastikan hadir di nitilaku 2019. Ia hanya menyebut pengurus pusat, dewan pertimbangan dan dewan pakar Kagama 2019-2024 yang baru saja dilantik dipastikan ikut serta.

"Saya belum tahu (siapa saja tokoh yang dipastikan hadir di nitilaku 2019). Saya belum kontak panitianya. Tapi kayaknya (Kagama) yang hari ini hadir (dalam pelantikan) dia akan ikut, yang hari ini hadir," tutupnya.

Adapun pengurus pusat, dewan pertimbangan dan dewan pakar Kagama 2019-2024 dari jajaran menteri Jokowi yang hadir saat prosesi pelantikan hari ini hanyalah Menko PMK, Muhadjir Effendy. Di kepengurusan Kagama, Muhadjir tercatat sebagai anggota dewan pakar Kagama 2019-2024.




Simak Video "Formasi Unik saat PPSMB UGM Dapat Apresiasi dari Addie MS"
[Gambas:Video 20detik]
(ush/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA