Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Des 2019 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

Staycation Makin Dicari Orang Indonesia Tahun Ini

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi hotel budget, salah satu yang banyak dicari orang Indonesia untuk staycation. (Foto: Fitraya/detikcom)
Jakarta - Staycation, akronim stay dan vacation, kini sedang tumbuh trennya. Kian banyak orang pula yang mencari tahu soal aktivitas staycation sehingga mengalami peningkatan signifikan di Indonesia sepanjang 2019.

Tumbuh pesatnya tren staycation tercermin dari data "2019 Year in Search Indonesia" Google. Disebutkan bahwa pencarian tentang staycation mengalami peningkatan 3,4 kali lipat sepanjang tahun ini. Jumlah pencarian dengan keyword itu mencapai puncaknya pada periode long weekend.

Sekadar diketahui, staycation adalah liburan yang dihabiskan di suatu hotel atau penginapan. Mereka yang melakukan staycation juga akan bepergian ke tempat-tempat wisata lokal dalam sehari.


Data yang sama mengungkap pula bahwa pencarian hotel bintang empat meningkat 1,8 kali lipat di 2019. Selain itu, pertumbuhan juga terjadi 1,2 kali lipat pada kata kunci hotel butik. Sisanya, peningkatan 1,4 kali lipat terjadi dalam pencarian hotel yang menyediakan kamar suite.

"Tetapi hotel dengan harga terjangkau tetap mendulang sukses besar karena orang Indonesia mencarinya sepanjang tahun," ujar Google.

Mengenai hal itu, Google menyatakan bahwa pencarian dengan keyword budget hotels alias hotel murah mencatatkan pertumbuhan sebanyak 1,6 kali lipat dibandingkan sebelumnya.


Tak hanya itu, wisatawan Indonesia saat ini mulai menyukai atraksi atau kesenian lokal di mana ia berlibur. Berikut data Google dari apa yang wisatawan cari selama 2019:

1. Paling dekat. Ada pertumbuhan 2,5 kali lipat dalam pencarian soal spot berfoto, destinasi wisata, dan restoran lokal
2. Apa yang bisa turis lakukan di suatu tempat pencariannya meningkat 1,5 kali lipat
3. Kata kunci festival mengalami peningkatan 1,3 kali lipat.

"Kata kunci yang paling dicari adalah yang berhubungan dengan 'festival'. Hal itu termasuk kata 'dieng' dan 'festival musik'," jelas Google.




Simak Video "Pariwisata RI Keok Akibat Corona, Jokowi: Tingkatkan Promosi!"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA