Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Des 2019 17:12 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan Akhir Tahun, KA Daop 5 Purwokerto Antisipasi Lonjakan

Rinto Heksantoro
detikTravel
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purwokerto - Menjelang liburan akhir tahun, atau liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Kereta Api Indonesia Daop 5 Purwokerto memprediksikan lonjakan volume penumpang sebesar 4%. Sejumlah antisipasi juga sudah dilakukan.

Penumpang naik KA di seluruh wilayah Daop 5 ini diperkirakan sebanyak 283.690 lebih tinggi dibandingkan realisasi tahun 2018/2019 sebanyak 274.777.

"PT KAI telah menetapkan masa posko angkutan Nataru 2019/2020 selama 18 hari, yakni mulai tanggal 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Untuk di wilayah Daop 5, diperkirakan tanggal 24 Desember dan 1 Januari, masyarakat akan menggunakan jasa kereta api," kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto melalui siaran persnya, Rabu (18/12/2019).

"Diprediksi tahun ini jumlah volume penumpang mengalami kenaikan 4%. Atau sebanyak 47.868 tiket KA per hari untuk liburan Nataru 2019/2020," lanjutnya.


Untuk pemesanan tiket KA jarak jauh reguler pada masa Nataru 2019/2020 dapat dibeli mulai H-30 keberangkatan di seluruh kanal resmi penjualan tiket kereta api seperti aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan lainnya. Sementara untuk KA lokal, tiket dapat dipesan mulai H-7 keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau 3 jam sebelum keberangkatan di loket stasiun.

Pada hari biasa, KA reguler keberangkatan awal atau berakhir di Daop 5 Purwokerto ada 24 KA, sedangkan KA dari Daop lain sebanyak 60 KA, belum termasuk perjalanan KA lokal Prameks relasi Kutoarjo - Yogyakarta - Solo dan KA Bandara relasi Kebumen - Yogyakarta.


Jelang Liburan Akhir Tahun, Penumpang Kereta Diprediksi Naik 4%Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Pada masa angkutan liburan Nataru 2019/2020 ini, di Daop 5 Purwokerto sendiri terdapat ada tambahan perjalanan KA sebanyak 6 KA pemberangkatan atau berakhir di Daop 5 antara lain KA Purwojaya tambahan relasi Cilacap-Kroya-Gambir PP, KA Sawunggalih tambahan relasi Kutoarjo-Pasarenen PP, KA Kutojaya Utara tambahan relasi Kutoarjo-Pasarenen PP.

"Selain itu juga ada perjalanan 10 KA tambahan yang melewati wilayah Daop 5 Purwokerto yaitu KA Argo Lawu fakultatif relasi solo-gambir PP, KA Argo Dwipangga fakultatif relasi Solo-Gambir PP, KA Taksaka Fakultatif relasi Yogya-Gambir PP, KA Gajayana Fakultatif relasi Malang-Gambir PP dan KA Lodaya Nataru relasi Solo-Bandung PP," paparnya.


Untuk ketersediaan tiket bisa dilihat dan dipesan melalui aplikasi KAI Access dan kanal penjualan tiket KA lainnya. Pihak PT KAI mengimbau kepada calon penumpang agar memastikan nama dan ID saat memesan tiket serta mengecek kembali hari serta tanggal keberangkatan KA yang dipilih.

Simak Video "Nikmatnya Makanan Mendoan, Purwokerto"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA