Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Des 2019 22:30 WIB

TRAVEL NEWS

Hutan Kota Plataran GBK Besok Buka, Cocok buat Liburan Akhir Tahun

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Hutan Kota by Plataran di area GBK (Elmy Tasya Khairally/detikcom)

FOKUS BERITA

Hutan Kota Cantik
Jakarta - Hutan Kota by Plataran akan dibuka besok. Beragam isi di hutan kota ini cocok buat beragam aktivitas, termasuk mengisi liburan akhir tahun di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

Hutan Kota by Plataran, yang juga biasa disebut Hutan Kota Plataran atau Plataran Senayan, akan dibuka untuk umum pada hari Kamis (19/12/2019) besok. Hal itu membuat warga Jakarta dan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, berkesempatan menikmati berbagai tempat yang kosmopolitan, unik, eksotik, hijau, dan berbalut budaya dan sejarah Indonesia, di satu tempat.

Dengan konsep itu, Hutan Kota Plataran GBK ingin memadukan aspek sejarah, alam, budaya, dan kejayaan Indonesia dengan fasilitas kosmopolitan yang diharap menginspirasi orang yang datang ke sana. Terkait itu pula nama-nama di sini pun sangat nasionalis. Sebut saja ruang Garuda, Indonesia Raya, sampai Merah Putih.

"Jadi ada ruang Garuda. Kita turun di lobby Garuda jadi masuk ke ruang Garuda, lalu belok kiri ke ruang Indonesia Raya. Indonesia Raya juga memiliki teras Indonesia Raya yang bisa dipakai dan juga dibuka. Itu tamannya juga bisa dimanfaatkan untuk acara, bisa bbq atau acara kekeluargaan atau family gathering," kata Founder Plataran Indonesia, Dewi Makes, Rabu (18/12/2019) di Gelora Bung Karno.

Hutan Kota Plataran GBK Besok Buka, Cocok buat Liburan Akhir TahunFoto: Elmy Tasya Khairally/detikcom
Hutan Plataran Senayan sendiri berada di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, memiliki luas lahan 3,2 hektare. Letaknya berdampingan dengan hutan kota GBK dan bisa diakses lewat pintu 5 atau 7. Jika lewat pintu 7, lokasinya terlihat dari pinggir jalan karena bentuk bangunannya yang mencolok.

Keunikannya tak hanya pada nama ruangan bangunan tapi juga ornamen-ornamen di dalamnya. Seperti gedung merah putih yang berisi ornamen warna merah dan putih. "Ada ruang merah putih. Ruang merah putih ornamen di dalamnya merah dan putih. Di depan ruang merah putih ada ruang nusantara bisa dipakai untuk umum maupun privat," sambung Dewi.

Hutan Kota Plataran GBK Besok Buka, Cocok buat Liburan Akhir TahunFoto: Elmy Tasya Khairally/detikcom
Nantinya akan ada pula restoran yang cocok buat para milenial dan gen Z. Ada rooftop yang menghadap ke gedung-gedung metropolitan dan bisa digunakan untuk kumpul-kumpul bersama teman. Tapi harap bersabar karena restoran ini masih dalam tahap pembangunan.

"Selain itu ada restoran yang belum jadi dimana makanannya lebih casual, ada rooftop di mana bisa dipakai untuk after party dari wedding," kata Dewi.

Selain itu ada pula ruang amphitheater. Tempat ini bisa dimanfaatkan untuk acara konser ataupun acara lainnya. Salah satunya fashion show.

"Ada juga ruang amphitheater di situ kita bisa melakukan pertunjukan misalkan konser, mungkin tari tarian misalnya tari kecak atau apa, dari situ kita juga bisa melakukan fashion show," ungkap Dewi.

Hutan Kota Plataran GBK Besok Buka, Cocok buat Liburan Akhir TahunFoto: (Tasya/detikcom)
Buat traveler yang mau bersantai, Hutan Kota Pelataran punya tembok ekspresi, plataran pet ground, dan taman-taman cantik yang cocok banget buat foto-foto. Ada juga jogging track dan lapangan basket buat traveler yang hendak berolah raga, dan juga Musala.

"Ada juga tembok ekspresi yang bisa mengekspresikan melalui gambar-gambar kebudayaan indonesia. Nanti akan ada pilox dimana bapak ibu bisa merefleksikan gambar-gambar di situ. Ada juga Plataran pet playground di mana pengunjung bisa bawa hewan-hewan kesayangan," kata Dewi.




Simak Video "Asyiknya Camping di Hutan Kota Penjaringan "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)

FOKUS BERITA

Hutan Kota Cantik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA