Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Des 2019 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

'Setan' yang Terancam Punah

Afif Farhan
detikTravel
Tasmanian Devil (iStock)
Tasmania - Orang zaman dulu begitu penasaran dan takut sama binatang ini. Bentuknya seperti anjing, tapi ukurannya lebih kecil dan giginya tajam. Inilah tasmanian devil.

BBC Earth seperti dilansir detikcom, Kamis (26/12/2019) menulis artikel berjudul 'A devil in name only'. Artikel itu menjelaskan tentang setan tasmania alias tasmanian devil.

Beberapa binatang di dunia memang punya nama yang aneh-aneh, salah satunya adalah tasmanian devil. Binatang ini hanya ditemukan di Pulau Tasmania (Negara Bagian Tasmania), yang berada di lepas daratan utama Australia.

'Setan' yang Terancam PunahFoto: (iStock)


Mengapa diberi nama 'setan'?

Saat orang-orang Eropa membuat pemukiman di Australia pada tahun 1700-an, mereka dibuat kaget dengan binatang ini. Bentuknya seperti anjing, tapi ukurannya lebih kecil. Disebut tikus, tapi ukurannya lebih besar. Mirip rakun, tapi bulunya tidak lebat juga.

Kemudian warna bulunya hitam, dengan garis putih di lehernya. Telinganya begitu merah dan punya kuku serta gigi yang tajam.

Belum lagi, binatang ini sering mengeluarkan geraman yang keras, pekikan bernada tinggi, dan mengeluarkan bau yang sangat tidak enak. Jadilah hewan itu diberi nama devil alias setan!

'Setan' yang Terancam PunahFoto: (iStock)




Mengenal tasmanian devil lebih dekat, binatang ini adalah karnivora. Mangsa utamanya adalah ular, tikus, hingga bangkai. Tasmanian devil sangat beringas saat makan.

Sebab bukan hanya memakan daging mangsanya, tasmanian devil juga memakan bulu sampai tulang-tulangnya. Tidak ada yang disisakan!

Peneliti menilai, tasmanian devil bisa menghabiskan mangsa yang 40 persen lebih berat dari badannya. Tasmanian devil pun aktif di malam hari.

'Setan' yang Terancam PunahFoto: (iStock)


Tasmanian devil adalah penjelajah yang ulung. Dia bisa berjalan sejauh 16 km untuk mencari makan. Tapi saat siang, tasmanian devil beristirahat di semak belukar atau di atas pohon.

Tasmanian devil yang jantan, ukurannya lebih besar dibanding yang betina. Berat maksimal binatang ini adalah 12 kg, dengan total tinggi (jika berdiri) 30 cm.



Tahukah kamu, kalau ratusan tahun silam tasmanian devil juga hidup di daratan utama Australia. Sayangnya, binatang ini dibunuh karena dianggap hama.

Tahun 1941, pemerintah Australia mulai memasukan tasmanian devil dalam daftar binatang yang dilindungi. Seiring berjalan tahun, status tasmanian devil makin terancam. Kini diperkirakan, jumlahnya hanya 10-15 ribu di Pulau Tasmania.

Di tahun 2008, pemerintah Negara Bagian Tasmania menetapkan status tasmanian devil sebagai binatang yang terancam punah. Itu dilindungi oleh undang-undang Tasmania's Threatened Species Protection Act .

Tasmanian devil juga masuk dalam kategori terancam punah 'Red List' dari Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). IUCN sendiri adalah suatu perserikatan internasional untuk konservasi alam dunia.

'Setan' yang Terancam PunahFoto: (iStock)


Mungkin, kita mengenal tasmanian devil dari tokoh kartun Looney Tunes, yakni Tasmanian Devil. Tampilannya memang beda antara di kartun dan yang aslinya. Namun sifatnya di kartun seperti mengeluarkan suara aneh dan pemakan segala, itu benar seperti aslinya.

Nama 'setan' pada binatang ini pun sudah kadung melekat. 'Setan' yang kini terancam punah.



Simak Video "Fakta-fakta Pulau Christmas Australia yang Nol Kasus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA