Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Des 2019 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Hong Kong Tiadakan Pesta Kembang Api, Diganti Undian Berhadiah

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Tak ada pesta kembang api di Hong Kong saat malam tahun baru. (Foto: Reuters)
Jakarta - Hong Kong untuk pertama kalinya mengadakan undian berhadiah HK$ 4 juta (hampir Rp 7,2 miliar) di malam tahun baru. Tertarik?

Sebagai ganti batalnya pelaksanaan pesta kembang api di malam tahun baru, Dewan Pariwisata Hong Kong mengadakan undian berhadiah untuk pertama kalinya tahun ini. Undian ini terbuka baik untuk orang lokal atau turis.

Undian berhadiah ini dilakukan dalam dua ronde secara online yang akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan. Hadiah yang ditawarkan adalah 4 tiket pesawat pulang-pergi dari Cathay Pasific yang akan diberikan untuk 10 orang pemenang. Selain hadiah tiket pesawat, ada pula sejumlah hadiah lainnya seperti voucher supermarket, iPhones, bermalam di hotel dan spa mewah, serta tiket ke Disneyland Hong Kong dan Ocean Park.

Selain itu, acara Symphony of Lights yang menampilkan pertunjukan cahaya dan musik di Pelabuhan Victoria juga akan dilaksanakan pada tengah malam jelang pergantian tahun. Acara ini skalanya lebih kecil dari pesta kembang api biasanya dan dilakukan di rooftop sejumlah bangunan di Hong Kong.

Acara hitung mundur pergantian tahun ini akan disiarkan secara langsung melalui ViuTV dan juga bisa dinikmati di sejumlah situs web dan media sosial.


Direktur Eksekutif Dewan Pariwisata Hong Kong, Dane Cheng Ting-yat mengatakan mereka hanya punya waktu 2-3 minggu untuk mempersiapkan format baru perayaan Tahun Baru. Perayaan kembang api yang telah mereka lakukan sejak 2012 itu ditiadakan tahun ini dengan alasan keamanan menyusul demonstrasi yang masih berlangsung di Hong Kong.

"Jika itu adalah pertunjukan kembang api berskala penuh, biasanya akan menarik ratusan ribu orang. Tetapi ada kekhawatiran lain seperti pengaturan lalu lintas dan tenaga kerja, yang akan menantang, "kata Cheng sebagaimana diwartakan South China Morning Post.

Dewan Pariwisata Hong Kong menargetkan pengeluaran untuk pertunjukan Symphony of Lights, undian berhadiah, dan persiapan teknis lainnya akan mencapai HK$ 10 juta (Rp 17,9 miliar). Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan pesta kembang api yang biasanya menelan biaya hingga HK$ 14 juta (Rp 25 miliar).

Anggota parlemen sektor pariwisata, Yiu Si-wing mengatakan, undian berhadiah dan Symphony of Lights akan membantu menarik wisatawan ketika kepercayaan pengunjung terhadap Hong Kong rendah.

"Warga masih menginginkan suasana meriah. Undian berhadiah dan Symphony of Lights akan membantu mengantarkan Tahun Baru, membawa sedikit perayaan," katanya.

Pesta kembang api Hong Kong biasanya memberikan dorongan besar bagi industri pariwisata. Acara yang berakhir setelah tengah malam membuat pengunjung cenderung menginap dan memesan kamar hotel. Sayangnya perayaan ini harus diubah formatnya guna keamanan terjaga.




Simak Video "Perayaan Bastille Day Meriah di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA