Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Des 2019 07:40 WIB

TRAVEL NEWS

7 Tarian Tradisional Paling Terkenal di Indonesia

Foto: Imam Sunarko/d'Traveler/7 Tarian Tradisional Paling Terkenal di Indonesia
Jakarta - Indonesia memiliki berbagai macam tarian tradisional yang mengundang perhatian wisatawan yang datang ke Indonesia. Bahkan keindahan tarian daerah di Indonesia sudah banyak yang diakui dunia seperti Tari Saman.

Tarian tradisional di Indonesia sangat banyak. Berikut ini tarian tradisional yang paling populer:

1. Tari Kecak

Siapa yang tidak tahu Bali? Keindahan alamnya mengundang decak kagum wisatawan lokal maupun internasional. Ragam budayanya seperti Tari Kecak juga membuat wisatawan terkesima.

Tari Kecak termasuk jenis seni drama khas dari Bali. Tari ini menggambarkan cerita tokoh Pewayangan yang bernama Ramayana. Tarian ini juga disebut sebagai tari Sanghyang yang dipertunjukkan saat upacara keagamaan.

Tarian ini dimainkan oleh sekelompok penari yang berjumlah sekitar 70 orang yang berbaris melingkar. Keunikan tarian ini terlihat dari para penarinya yang dibakar api namun tidak terbakar. Para penari laki-laki meneriakkan kata 'cak cak cak'. Dari situlah nama tari Kecak diambil.

2. Tari Saman

Tari Saman sudah sangat dikenal dunia. UNESCO telah menetapkan tari daerah ini sebagai 'Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity' pada tahun 2011.

Tari Saman berasal dari Suku Gayo. Tarian ini untuk memperingati hari-hari penting adat masyarakat Aceh atau untuk memperingati kelahiran Nabi Muhamad SAW.

Disebut-sebut, Tari Saman dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tengggara.

Tari Saman dibawakan oleh sekelompok penari yang berjumlah ganjil. Keunikan tarian ini terletak pada suara yang berasal dari gerakan tangan para penari dan penarinya duduk.



3. Tari Pendet (Bali)

Tari Pendet adalah tari sambutan yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. Tarian ini merupakan salah satu tari tradisional yang sangat terkenal dari Bali. Tari Pendet sering ditampilkan di acara kebudayaan atau penyambutan tamu besar.

Tari ini awalnya merupakan tari tradisional yang menjadi bagian dari upacara keagamaan. Tarian melambangkan ungkapan rasa syukur masyarakat Bali dalam menyambut para dewata-dewata yang turun dari khayangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA