Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Des 2019 22:01 WIB

TRAVEL NEWS

Bikin Merinding! 10 Kisah Kapal Hantu di Dunia

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Ilustrasi kapal hantu (iStock)
Jakarta - 'Kapal Hantu' kini sedang menghebohkan Jepang. Nah, di tengah luasnya samudera penampakan kapal hantu sejatinya memang lazim dikisahkan, salah satunya soal The Flying Dutchman. Ada pula kisah-kisah seram dari kapal lainnya lho. Berani lanjut baca?

Kisah misteri di lautan memang tak pernah habis untuk diperbincangkan. Mulai dari legenda segitiga bermuda, peradaban Atlantis, sampai kapal-kapal yang konon berhantu. Dirangkum detikcom dari MarineInsight dan berbagai sumber lain, inilah daftar 10 kisah kapal hantu di dunia.


1. Kapal Caleuche

Kisah pertama datang dari mitologi Chilota yang berasal dari orang-orang yang tinggal di Kepulauan Chiloe di selatan Chile. Konon, ada sebuah kapal hantu yang datang setiap malam ke dekat Pulau Chiloe.

Masyarakat di sana percaya kalau kapal itu membawa roh orang-orang yang tenggelam di lautan. Jauh dari kesan seram, kapal ini justru dikisahkan sebagai kapal yang indah dan terang. Dari kapal itu juga kerap terdengar suara musik dan tawa orang layaknya sedang diadakan sebuah pesta.

Kemunculan kapal ini hanya sebentar. Kapal itu kemudian hilang atau tenggelam di tengah laut. Menurut legenda, roh orang-orang yang tenggelam itu dipanggil oleh tiga roh air Chilota yaitu Sirena Chilota, Pincoya, dan Picoy.

2. Kapal Valencia

Kapal Valencia merupakan kapal yang tenggelam di perairan Vancouver, British Columbia setelah menghadapi cuaca buruk dekat Cape Mendocino, sekitar 200 mil dari utara San Francisco. Kecelakaan yang terjadi pada 1906 ini kemudian menjadi kisah hantu.


Saat itu, 37 dari 108 orang penumpang diselamatkan menggunakan sekoci namun salah satunya hilang begitu saja. Sejak kejadian itu, banyak nelayan yang menyatakan kalau mereka melihat kapal yang dipenuhi tengkorak korban dari tenggelamnya SS Valencia.

3. Kapal Ourang Medan

Kisah selanjutnya terjadi di sekitar perairan Indonesia tepatnya di Selat Malaka. Kejadian itu terjadi pada 1947 ketika dua kapal Amerika yaitu City of Baltimore dan Silver Star berlayar untuk menjalankan misi penyelamatan setelah mendapatkan panggilan darurat dari kapal kargo Belanda yang bernama Ourang Medan.

Orang yang melakukan panggilan itu mengaku sebagai awak kapal Ourang Medan dan menyampaikan pesan bahwa kapten dan awak kapal lainnya di kapal itu telah meninggal. Penelpon itu juga mengakhiri panggilannya dengan kalimat "Aku mati".

Ngerinya, setelah kapal penyelamat itu tiba, tidak ditemukan tanda-tanda kerusakan pada kapal yang minta tolong tadi tapi semua awak kapal termasuk seekor anjing ditemukan tewas dengan ekspresi wajah ketakutan.

Sebelum investigasi lebih lanjut dilakukan, kapal itu justru terbakar dan meledak. Ada yang mengatakan kalau hal ini terjadi karena adanya aktivitas paranormal atau invasi alien. Namun penjelasan yang lebih masuk akal adalah adanya paparan nitrogliserin dan potasium sianida berlebihan yang dibawa secara ilegal dalam kapal tersebut.


4. Kapal Carroll A. Deering

Kapal ini kandas di Diamond Shoals yang terkenal berbahaya di dekat Cape Hatteras, North Carolina pada 1921. Sebelum tenggelam, kapal ini sempat beberapa hari terjebak.


Ketika tim penyelamat datang dan melihat seisi kapal, mereka menemukan peralatan, buku catatan, dan dua sekoci hilang dari kapal tersebut. Hasil investigasi menunjukkan kalau kapal-kapal lainnya juga menghilang secara misterius dalam waktu berdekatan. Peristiwa ini diduga melibatkan bajak laut, pemberontakan awak kapal, atau aktivitas lainnya yang terjadi di sekitar segitiga bermuda.

5. Kapal Baychimo

Kapal Baychimo disebut sebagai kapal hantu yang nyata karena pemiliknya, Hudson Bay Company sengaja untuk menelantarkannya. Kapal ini dibuat pada awal 1920-an dan terperangkap di antara es di dekat Alaska pada 1931.

Uniknya, 38 tahun setelah peristiwa itu, kapal ini kedapatan mengambang terombang-ambing tanpa tujuan di perairan Alaska. Kondisi cuaca di sana membuat penyelamatan kapal itu sulit dilakukan.

Sejak 1969 kapal itu sudah tidak terlihat lagi. Beberapa ekspedisi juga sudah diluncurkan untuk melacak keberadaan kapal misterius itu.
Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA