Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Jan 2020 05:40 WIB

TRAVEL NEWS

Melihat Lagi Bersihnya Banjir Jepang

Afif Farhan
detikTravel
Banjir di Jepang yang viral karena bersih (@KFMXmGcnE6PaHv4/Twitter)
Jakarta - Banjir melanda Kota Jakarta, airnya bgeitu cokelat dan banyak sampah. Di Jepang berbeda, banjirnya begitu bersih.

Hari pertama di tahun baru 2020, Jakarta dilanda banjir. Penyebabnya, hujan terus-menerus pada dinihari (1/1/2020), yang membuat pagi harinya beberapa kawasan di Jakarta terendam air.

Airnya begitu cokelat dan begitu banyak sampah yang hanyut. Beberapa akses sempat lumpuh dan warga diungsikan.

Melihat Lagi Bersihnya Banjir Jepang(Rachman Haryanto/detikcom)




Bicara soal banjir, di fase akhir tahun 2019 kemarin, banjir di Jepang mencuri perhatian. Banjirnya sampai viral sempat airnya bersih banget!

Banjir di Jepang tersebut terjadi setelah Negeri Sakura dihantam topan Hagibis. Tepatnya di hari Selasa (12/10/2019).

Sehari setelahnya, beberapa wilayah di Jepang dilanda banjir. Lalu, Twitter dibuat heboh oleh salah seorang postingan netizen Jepang dengan nama Twitter Mamy atau @KFMXmGcnE6PaHv4. Dia memposting sebuah foto suasana banjir dari balkon rumahnya.

Ditelusuri detikcom, Mamy menyatakan bahwa dia tinggal di Nishijima, Suruga-ku, Shizuoka. Netizen lainnya pun terkejut dengan banjirnya yang begitu bersih.

Melihat Lagi Bersihnya Banjir JepangFoto: (@KFMXmGcnE6PaHv4/Twitter)




Tak hanya viral di Jepang, forum Facebook dan media TNN Channel 16 Thailand pun ikut meramaikan unggahan foto tersebut. Dijelaskan, kalau pemerintah setempat telah memberikan imbauan pada masyarakat di sana sekitar 3-4 hari sebelum Topan Hagibis tiba.

Dalam imbauannya, pihak Pemerintah Jepang meminta masyarakat di area terdampak untuk mengangkut sampah termasuk pot tumbuhan di lantai untuk menanggulangi sampah mengapung ke aliran sungai. Saluran air pun juga diimbau untuk dibersihkan, agar nantinya tak ada halangan apabila banjir bandang akibat Topan Hagibis tiba.

Melihat Lagi Bersihnya Banjir JepangFoto: (@KFMXmGcnE6PaHv4/Twitter)


Soal kebersihan, Jepang memang juara. Bagi orang Jepang, kebersihan adalah suatu kebanggaan dan menyangkut harga diri mereka. Mereka tak mau dicap sebagai orang dan sebagai negara yang kotor, apalagi mereka sangat menjaga harga dirinya.



Sejak dini, anak-anak di Jepang diajarkan tentang kebersihan mulai dari di rumah, sekolah hingga lingkungan. Simpel saja, kalau lingkungan kotor bisa merusak pemandangan dan jadi sumber penyakit.

Mungkin suatu saat nanti, banjir di Jakarta bisa sebersih di Jepang sana...



Simak Video " Penampakan Banjir di Jakarta Pagi Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA