Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Jan 2020 13:05 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Orang Indonesia Merasakan Melbourne Berasap

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (Istimewa/Marisa Ayu Anggie)
Melbourne - Australia sedang mengalami kebakaran hebat, sampai-sampai Melbourne berasap. Begini cerita orang Indonesia yang tinggal di sana.

Marisa Ayu Anggie atau yang biasa disapa Anggie, salah seorang warga Indonesia yang tinggal di Melbourne menceritakan suasana kotanya yang dikepung asap. Asal tahu saja, asap dari kawasan timur negara bagian Victoria, yakni East Gippsland, telah sampai ke Melbourne yang jaraknya 300 kilometer!

"Sudah dari tiga hari lalu berasap. Parah banget asapnya," terang Anggie kepada detikcom, Selasa (7/1/2020).



Melbourne yang berasapMelbourne yang berasap (Istimewa/Marisa Ayu Anggie)


Daya pandang menjadi buruk, gedung-gedung bahkan seperti ditelan oleh asap. Suhu di Melbourne pun menjadi panas.

"Rasanya kalau keluar rumah, dada sesak dan kepala pusing. Kalau dari berita yang saya tahu, suhu juga ikut panas akibat asap," kata Anggie.

Anggie menjelaskan, teman-temannya pun merasakan hal yang sama. Padahal sejatinya, Melbourne adalah kota yang hijau. Alias, banyak taman dan pepohonan rindang.

"Melbourne tuh aslinya sejuk banget dan juga jauh dari New South Wales yang merupakan titik awalnya kebakaran," tuturnya.

Cerita Orang Indonesia Merasakan Melbourne BerasapFoto: (Istimewa/Marisa Ayu Anggie)




Apakah sudah banyak warga Melbourne yang memakai masker demi keselamatan diri?

"Sejauh ini cuma ada 1-2 orang yang pakai masker, tapi jarang banget sih. Semoga saja asapnya cepat hilang," harap Anggie.

Dilansir dari ABC Australia, menurut pengukuran yang dilakukan Otoritas Perlindungan Lingkungan di Australia (EPA), tingkat kualitas udara di kawasan pemukiman di Melbourne, seperti di Dandeong dan Brighton sudah di tingkat 'sangat buruk'.

Sebagian kabut asap memang berasal dari kebakaran di daerah East Gippsland, namun sebagian besar asap itu berasal dari pulau Tasmania, menurut EPA.

Cerita Orang Indonesia Merasakan Melbourne BerasapFoto: (Istimewa/Marisa Ayu Anggie)


Bagi traveler yang mau jalan-jalan ke Melbourne, harap berhati-hati. Ada baiknya memantau dulu perkembangan informasi ter-update di sana.



Simak Video "Hutan Australia Terbakar, Tagar #PrayForAustralia Bergema"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA