Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Jan 2020 22:40 WIB

TRAVEL NEWS

Hal Kecil yang Bikin Pramugari Senang

Bonauli
detikTravel
Foto: Ilustrasi pramugari (iStock)
Jakarta - Keberadaan awak kabin di pesawat adalah untuk membantu penumpang. Lantas apa yang awak kabin inginkan dari penumpang pesawat?

Awak kabin merupakan bagian penting dari pesawat. Memiliki tugas yang tidak sepele, awak kabin menjadi perpanjangan tangan maskapai dalam melayani penumpang.

Namun pekerjaan awak kabin seringkali disepelekan. Tak sadar, masih banyak dari kita yang acuh tak acuh terhadap keberadaan pramugari.

Sama-sama manusia, pramugari juga ingin dihargai. Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Rabu (8/1/2020), inilah hal-hal kecil yang sebaiknya penumpang lakukan untuk pramugari.


1. Bawa sweater atau jaket

Kabin pesawat memang sengaja dibuat sedingin mungkin. Ini sudah standar penerbangan untuk mengakomodasi peralatan darurat, ketinggian dan alat dalam kokpit.

Memang ada beberapa maskapai yang diperlengkapi dengan selimut. Tapi alangkah baiknya, jika setiap penumpang membawa sweater atau jaket masing-masing.

2. Jangan pindah kursi

Liburan bersama keluarga memang paling asyik. Duduk bersama di dalam pesawat pun jadi momen yang tak terlupakan. Namun seringkali penumpang pesawat tidak memesan bangku secara berurutan.

Ini membuat antrean masuk pesawat kadang jadi lebih lama. Belum lagi, tak semua orang ingin berpindah kursi, apalagi kalau sudah membayarnya.

Para pramugari berharap penumpang untuk melakukan pemesanan kursi terlebih dahulu. Sehingga tidak merepotkan awak kabin atau penumpang lainnya.


3. Perhatikan demo keselamatan

Penumpang yang sering melakukan perjalanan dengan pesawat nampaknya sudah bosan dengan demo keselamatan. Acapkali, penumpang tidur atau sibuk dengan gadget ketika demo keselamatan mulai.

Pramugari sebenarnya sadar jika diabaikan oleh penumpang. Namun mereka tetap harus melakukan hal tersebut untuk keselamatan penumpang. Sehingga mereka berharap para penumpang juga memperhatikan demo keselamatan dengan serius.

4. Lepas Headphone

Untuk penerbangan jarak jauh, entertainment seperti musik dan film memang jadi favorit. Sembari menunggu makan yang diberikan, penumpang bisa santai menonton bermain game.

Hal ini tidaklah salah. Namun ketika pramugari mulai melayani, coba untuk melepas headphone. Fokuslah berbicara dengan awak kabin. Karena sebenarnya mereka cukup sedih diabaikan dalam melakukan pekerjaan.

5. Sapa awak kabin

Sebelum masuk ke dalam pesawat, penumpang akan bertemu awak kabin di pintu masuk. Mereka menyapa dengan senyuman sebagai tanda mereka siap untuk memberikan yang terbaik dalam pelayanan.

Tak jarang, para pramugari meminta penumpang untuk menunjukkan boarding pass. Mereka ingin bisa membantu penumpang dengan baik. Sapalah para awak kabin yang kamu lewati, bukan hal yang sulitkan?


6. Ucapkan terima kasih

Saat penerbangan usai, awak kabin akan menunggu penumpang di pintu keluar sembari mengucapkan salam. Tersenyumlah kepada mereka dan ucapkan terima kasih.

Setelah penerbangan panjang yang melelahkan, para awak kabin hanya ingin para penumpang puas dengan pelayanan yang sudah diberikan. Ucapan terima kasih yang kamu berikan sangat berkesan di hati pramugari lho.

7. Jangan bawa Ponsel ke Kamar kecil

Membawa ponsel ke kamar kecil sudah menjadi hal yang biasa. Tapi jangan lakukan hal ini di pesawat.

Alasannya sangat sederhana. Pesawat hanya memiliki 2 kamar kecil untuk ratusan penumpang. Sehingga tiap penumpang diminta untuk menyelesaikan 'misinya' dengan sangat cepat. Bermain ponsel di dalam kamar kecil akan membuat antrean panjang dan penumpang lain menggerutu.

8. Turuti Pramugari

Pramugari bukan cuma melayani tapi juga memastikan keselamatan penumpang. Awak kabin menjadi mata dan tangan pilot di dalam kabin.

Jika pramugari meminta penumpang untuk tetap duduk di kursi saat turbulensi, sebaiknya turuti hal tersebut. Sekali lagi, pramugari hanya melakukan tugasnya dan memastikan keselamatan penumpang.




Simak Video "Alasan Garuda Tak Berlakukan Baju APD untuk Pramugari"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA