Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Jan 2020 11:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pujian Menparekraf untuk Banyuwangi

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Wishnutama dan Bupati Anas (Johanes Randy/detikcom)
Jakarta - Di periode kedua Pemerintahan Jokowi, pariwisata dan ekonomi kreatif kembali digabungkan. Menurut Menparekraf Wishnutama, Banyuwangi jadi contoh keberhasilan.

Hal itu pun diungkapkan oleh Menparekraf Wishnutama dalam acara peluncuran Calender of Event (CoE) Majestic Banyuwangi Festival di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta, Rabu (8/1/2020) malam WIB.

Dijelaskan olehnya, Banyuwangi yang memiliki ratusan event wisata yang dikemas kreatif telah menjadi role model dari pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) tersebut.

"Selalu yang saya sampaikan 1 contoh. Jika pariwisata dan ekraf bisa berkolaborasi dengan baik, contohnya ya Banyuwangi itu. Ini adalah bukti kalau pariwisata jika didukung kemampuan kita berpikir, kita berkreasi dampaknya akan luar biasa," ujar Wishnutama.


Dalam paparannya di Gedung Kemenpar, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan secara detil pencapaian dan strategi pariwisata Banyuwangi. Mulai dari cerita pendokumentasian event oleh Pemkab hingga promosi secara digital via film dan aplikasi. Efeknya adalah kesejahteraan masyarakat

"Apa yang pak bupati lakukan ini memudahkan langkah kami di tempat lain, bahwa pariwisata dan ekraf bisa bikin sejahtera," pungkas Wishnutama.

Dijelaskan secara terpisah oleh Bupati Anas, ia menjelaskan bagaimana Banyuwangi menjalankan pariwisata daerahnya dengan semangat kerakyatan. Selain lebih hemat biaya, juga lebih memberi manfaat bagi masyarakat.

"Tiap tahun kita bikin festival film pesertanya adalah bumdes-bumdes, dibuat oleh anak-anak desa. Kami juga mendokumentasikan setiap event kami dengan humas yang kami miliki. Tour de Banyuwangi tanpa APBN, eonya teman-teman sendiri," papar Anas.


Anas pun menjelaskan, bahwa kunci keberhasilan pariwisata Banyuwangi kembali pada kreatifitas dan dukungan masyarakat Banyuwangi itu sendiri. Senada dengan semangat dari pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Di Banyuwangi kekuatannya di masyarakat. Kekuatan pariwisata di Banyuwangi adalah inovasi," tutup Anas.

Untuk informasi, tahun ini Banyuwangi mengagendakan 123 event wisata. Junlahnya pun meningkat, dari sebelumnya 99 di tahun 2019.

Simak Video "Jurus Banyuwangi Hadapi Pandemi dan New Normal dengan Smart"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA