Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Jan 2020 18:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kenalan dengan Hanbok, Pakaian Warna-Warni Khas Korea

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Hanbok, pakaian tradisional Korea (Foto: iStock)

Warna-warni hanbokWarna-warni hanbok Foto: iStock



Makna di balik warna-warna hanbok

Seperti telah disinggung di awal, hanbok merupakan pakaian tradisional yang populer dengan keanekaragaman warnanya. Setidaknya ada 5 warna utama yang mencerminkan 5 elemen, yaitu putih (logam), merah (api), biru (kayu), hitam (air), dan kuning (bumi). Kelima warna ini juga mencerminkan teori Yin dan Yang. Warna merah, kuning, dan putih merupakan energi Yang sedangkan hitam dan biru merupakan energi Yin.

Selain itu, kelima warna ini juga melambangkan lima arah mata angin, dimana kuning menjadi pusatnya. Warna kuning ini dianggap sebagai warna tertinggi dan biasanya akan ditemukan dalam hanbok raja.

Sementara itu warna biru melambangkan timur yang juga bermakna musim semi. Warna biru sendiri kerap digunakan untuk menunjukkan arti kehidupan, kelahiran, dan harapan. Di sisi lain, warna putih mewakili arah barat dan musim gugur. Putih mencerminkan kesucian, ketulusan, dan integritas.


Kemudian warna merah yang melambangkan selatan juga dimaknai sebagai musim panas. Warna merah juga dipercaya sebagai warna untuk mengusir roh jahat.

Kebalikan dari selatan adalah arah utara yang dilambangkan dengan warna hitam. Warna ini juga mencerminkan musim dingin dan menandakan sinar malam hari, kesengsaraan, sampai kematian. Itulah mengapa ketika orang meninggal, masyarakat Korea akan mengenakan pakaian hitam.

Warna yang digunakan pada Hanbok juga dapat menjadi simbol posisi sosial dan status pernikahan. Sebagai contoh, warna cerah biasanya digunakan anak-anak dan perempuan sedangkan warna yang lebih gelap akan digunakan perempuan dan laki-laki yang usianya tua.

Pada masa Joseon terdapat aturan dimana masyarakat kelas atas akan menggunakan hanbok beragam warna. Secara kontras, rakyat jelata diharuskan untuk mengenakan pakaian putih tetapi mereka akan mengenakan warna pink pucat, hijau muda, abu-abu dan hitam pada acara-acara khusus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA