Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jan 2020 06:40 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Unik Bulan Januari: Balap Kecoak!

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Balap kecoak di Australia. (Cockroach Races)
Brisbane - Balapan MotoGP, F1, atau bahkan balap karung mungkin sudah familiar buatmu. Bagaimana kalau balap kecoak? Beneran ada lho, malah sudah rutin digelar setiap bulan Januari sejak beberapa dekade lalu.

Dirangkum dari cockroachraces.com.au, coffeeandcaminos.com, dan sejumlah sumber lain, balapan kecoak ini digelar di Australia. Ajang adu balap serangga yang bisa bikin banyak orang merasa jijik itu sudah rutin dilakukan di Negeri Kanguru selama lebih dari 30 tahun.


Balapan kecoak di Australia kali pertama dihelat pada 1982. Waktu penyelenggaraan balap kecoak itu adalah setiap tanggal 26 Januari, sekaligus merayakan selebrasi Australia Day.

Kegiatan ini biasanya dilakukan di Hotel Store Bridge, Baildon Street, Brisbane, Australia. Ribuan orang yang terdiri dari warga dan wisatawan memenuhi pub Point di hotel untuk bertaruh atau sekedar menonton pertandingan serangga berkaki enam ini.

Balapan kecoak di Australia. (Foto: Cockroach Races)

Area balapan menyediakan arena olah raga dan tempat duduk stadion sehingga pengunjung dapat berpartisipasi dalam setiap balapan dengan suasana menyenangkan. Tak jauh beda dengan ajang balapan serupa! Nah, Baildon Street sendiri akan ditutup pada siang hari demi bisa menggelar arena legendaris ini.

Balapan kecoak tersebut dibuka untuk umum. Setiap orang berkesempatan untuk melombakan kecoak masing-masing. Peserta yang mau ikutan dalam balapan juga bisa membeli kecoak yang disediakan di tempat perlombaan, tapi lebih banyak peserta yang membawa jagoannya sendiri.


Festival dibuka pada pukul 11 pagi sampai pukul 16.30. Dalam balapan yang dilakukan di trek membentuk cincin itu, kecoa-kecoa yang awalnya disimpan dalam botol bakal dilepas ke tengah "sirkuit". Si kecoak kampiun adalah yang sampai paling pertama di ujung trek.

Lomba adu balap kecoak. (Foto: Cockroachraces)

Minat nonton? Untuk masuk ke area festival, kamu cuma perlu menyumbangkan beberapa koin yang akan disalurkan ke badan amal. Tahun lalu, koin yang dikumpulkan dari para pengunjung diberikan kepada Youngcare. Badan amal akan menciptakan perubahan yang berarti bagi orang-orang yang membutuhkan perawatan tinggi.

Konon, tradisi ini berawal dari aksi saling membual di antara dua pria yang sedang berada di bar. Obrolannya sih receh banget: kecoak mana yang tercepat di Brisbane. Keesokan harinya, dua pria ini benar-benar melombakan kecoak mereka. Tak disangka, kontes kecoak ini mendulang animo besar dan menjadi tradisi hingga sekarang!

Masih tak habis pikir kenapa balapan kecoak sangat diminati? Eng ing eng, ternyata kecoak bisa melesat dengan kecepatan hingga 50 kali panjang tubuh mereka per detik. Atau dalam bahasa sprinter adalah kisaran 322 km per jam atau setara dengan sprint 91 meter dalam waktu kurang dari 1 detik. Kencang banget!




Simak Video " Imbas Corona: McLaren Mundur, Balapan F1 Australia Batal"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA