Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jan 2020 20:31 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Cara Maskapai Pilih Film dalam Penerbangan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Ilustrasi memilih film dalam pesawat (iStock)
Jakarta - Untuk mengisi waktu di pesawat, banyak penumpang yang memilih menonton film selama penerbangan. Tapi apa kamu tahu bagaimana maskapai memilih film-film yang disajikan?

Ternyata, maskapai penerbangan mempertimbangkan secara rinci film-film apa yang akan menjadi pilihan penumpang selama penerbangan. Beberapa maskapai bahkan berkonsultasi dengan berbagai pihak dalam memilih film.

Diberitakan News.com.au, maskapai Singapore Airlines sampai memiliki 70 orang penggemar film dari berbagai departemen dan negara yang mewakili di setiap maskapai beroperasi untuk memilih film.


Wakil Presiden Inovasi Produk Tn Ng Yung Han mengatakan, anggota Komite peninjauan film yang berbasis di Singapura bertemu langsung di setiap bulan. Sedangkan anggota yang berbasis di luar negeri berkomunikasi lewat email.

"Pilihan dan komentar dari anggota Komite akan membantu memberikan wawasan tentang (film) apa yang sedang populer atau kontroversial di negara mereka, dan membuat kami tetap terhubung dengan tren atau rilis lokal yang sedang panas," kata Tn Ng Yung Han.

Dia menambahkan bahwa popularitas (film), potensi pemenang penghargaan, dan relevansi budaya adalah faktor utama dalam memilih film. Biasanya film Hollywood ditayangkan di pesawat sekitar tiga bulan setelah tanggal rilis penayangan di bioskop.

Permintaan penumpang juga bisa diperhitungkan untuk ketika mencari film baru. Mungkin request dari penumpang tak harus selalu dipenuhi, tapi jika film tertentu banyak diminta penumpang, bisa jadi akan muncul di penerbangan mendatang.


Sedangkan menurut Manager hiburan, platform dan konektivitas maskapai Cathay Pasific, Simon Cuthbert mengatakan bahwa keseimbangan antara bahasa dan jenis film yang tepat adalah kuncinya. Cuthbert menuturkan Cathay Pasific biasanya membeli antara 70 sampai 20 film dalam 1 bulan.

Tim hiburan dalam penerbangan mereka bekerja dengan para ahli dan juga kritikus film lokal. Sedangkan untuk film-film regional, mereka juga berkonsultasi dengan pihak eksternal. Setidaknya 20 orang terlibat dalam pemilihan konten.

Maskapai pertama memasang TV pada setiap kursi pada tahun 1992 adalah Emirates. Maskapai ini hanya memiliki tim penerbangan yang relatif kecil, sekitar 8 staff menonton film sebanyak mungkin setiap bulan dan mencatat komentar mereka dalam database pesawat. Pihak Emirates punya 700 film yang bisa dinikmati oleh penumpang.



Simak Video "Sektor Minyak dan Penerbangan Anjlok Akibat Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA