Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jan 2020 12:45 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Kabar Revolusi Toilet China?

Afif Farhan
detikTravel
Toilet di pedesaan China yang siap direvolusi (CNN Travel)
Beijing - Sejak 5 tahun silam, pemerintah China memperjuangkan 'Revolusi Toilet'. Kini, pelan-pelan mereka memetik hasilnya.

Toilet adalah salah satu aspek yang penting dalam kehidupan, termasuk dalam urusan pariwisata. Pada tahun 2015 lalu, Presiden China, Xi JInping mengampanyekan 'Revolusi Toilet' yang secara khusus di tempat-tempat wisata.



Tak ayal, citra toilet di China sudah kadung buruk di mata orang-orang. Ada saja toiletnya yang tidak ada sekat, tidak ada air atau tisu, hingga kebiasaan masyarakatnya sendiri yang jarang membilas toilet setelah digunakan.

Dilansir detikcom dari CNN, dimulailah Revolusi Toilet pada tahun 2019. Pemerintah merombak toilet-toilet di kawasan wisata supaya turis pada betah.

Tak tanggung-tanggung, uang sebanyak 21 M Yuan atau setara Rp 40-an Triliun digelontorkan. Demi merombak 60 ribu lebih toilet di kawasan destinasi wisata!

Presiden China, Xi Jinping yang mengampanyekan Revolusi ToiletPresiden China, Xi Jinping yang mengampanyekan Revolusi Toilet (AP Photo)




Situs CGTN, media lokal China menyebut kini pelan-pelan Revolusi Toilet di China membuahkan hasil. Data dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China mencatat, ada sekitar 22.300 toilet baru di kawasan wisata China pada akhir tahun 2019. Itu melesat 17 persen dari target yang dipatok.

Menurut Direktur Pelayanan Publik dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Li Hong, kini sudah ada 98 ribu toilet di tempat-tempat wisata di China. Tahun 2020 ini, pun masih berlanjut kampanye Revolusi Toilet.

Toilet-toilet di China tak sekadar di renovasi perihal kebersihannya. Akan tetapi, pemerintah mengemas toiletnya dengan bentuk yang unik, menawarkan kenyamanan, serta menjadi daya tarik tersendiri buat turis.

Toilet di China dengan berbagai bentuk yang unikToilet di China dengan berbagai bentuk yang unik (CNN Travel)


Apa Kabar Revolusi Toilet China?Kebersihan dan kenyamanan diperhatikan dalam Revolusi Toilet di China (CNN Travel)


Puaskah China pada Revolusi Toilet selama 5 tahun ini? Jawabannya belum. Masalah toilet di tempat wisata, mungkin China bisa sedikit bernafas lega. Tapi soal toilet di pedesaan, masih jadi PR (pekerjaan rumah) yang berat.

Menurut Bai Lin, Manager Projek WTO (World Tourism Organization) China, 'mind set' adalah permasalahan toilet di pedesaan. Masih banyak toilet yang ala kadarnya dan tidak diperhatikan kebersihannya.

Toilet di China yang belum 'direvolusi0Toilet di China yang belum 'direvolusi' (Bonauli/detikcom)


Apa Kabar Revolusi Toilet China?Toilet di salah satu taman nasional di China setelah 'direvolusi' (CNN Travel)


Pemerintah China pun terus melakukan Revolusi Toilet di pedesaan. Edukasi terus diberikan, demi nantinya toilet di seluruh China baik di tempat wisata dan di pelosok-pelosok desa bisa bersih dan nyaman.

Pelan-pelan, China terus membenahi toiletnya.

Simak Video "Isu TKA Bikin China Batal Investasi Rp 20 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA