Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Jan 2020 10:06 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Toilet China yang Bikin Mau Pingsan

Nur Azizah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Di China banyak toilet tanpa pntu atau sekat
Di China banyak toilet tanpa pntu atau sekat
detikTravel Community - Traveling ke luar negeri tidak melulu indah dan menyenangkan. Terkadang, ada momen-momen di mana kita harus merasakan culture shock, seperti liburan di China.

April 2019 lalu, saya mengunjungi Lijiang, China. Kota yang indah, tenang, dan menakjubkan. Soal keindahannya memang tidak perlu diragukan lagi, namun kalau bicara soal kebersihannya, saya akan memberikan skor 0 dari 10.

Kalian pernah mendengar kabar yang menyebut China negara terjorok? Di mana orang-orang meludah sembarangan, toilet tanpa sekat, air, dan tisu. Atau pernahkan mendengar orang tua sengaja membolongi celana anaknya agar bisa buang air kapan pun dan di mana pun?

Sebelum saya menginjakan kaki di China, saya tak percaya isu tersebut. Namun, akhirnya saya menjadi saksi kejorokan negara ini. Pengalaman ini bermula ketika saya hendak meninggalkan kota Lijiang untuk menuju kota Shangrila.

Saya pergi menggunakan bus antar kota. Untuk menuju Shangrila dibutuhkan waktu 4-5 jam perjalanan. Karena sudah menjadi kebiasaan, saya selalu ingin buang air kecil sebelum pergi.

Tujuannya, agar tak merepotkan saat di perjalanan nanti. Akhirnya saya ketemu toilet setelah menanyakan letak toilet pada petugas terminal.

Ketika masuk, saya kaget melihat kondisi toilet di sana. Tak cuma kaget, baunya pun bikin saya mual dan mau pingsan. Menurut saya, ini toilet terjorok yang pernah saya lihat.

Toilet di sana hanya memiliki sekat setinggi lutut. Tak memiliki air maupun tombol flush untuk menyiram. Kalian juga jangan harap ada tisu.

Awalnya, saya ingin mengurungkan niat untuk buang air di sini. Tapi risikonya, saya harus menahan buang air kecil hingga lima jam ke depan. Alamak!

Baiklah, dengan berat hati saya buang air juga. Dengan cara, tahan nafas semampunya. Walaupun baunya masih tercium dan saya harus muntah-muntah. Tips lainnya, jangan melihat ke lubang pembuangan kalau ingin selamat. Kenapa? Joroknya minta ampun, banyak sisa kotoran dan tisu.

"Begini amat jalan-jalan di negara orang," ucapku saat itu.

Oiya, bagi kalian yang ingin berkunjung ke China, jangan lupa bawa payung, tisu basah dan tisu kering. Fungsi payung untuk menjadi penghalang bila kalian menemukan toilet tanpa sekat seperti saya. Tiga benda ini sangat penting, karena kalian akan sering menemukan toilet seperti atau bahkan tanpa sekat selama di China.

Semoga pengalaman ini tak menghalangi kalian untuk eksplore negara Tiongkok ya. Di luar itu, negara tirai bambu ini memiliki pesona yang magical dan patut kalian kunjungi. Salah satunya Jade Dragon Snow Mountain, Blue Moon Valley, dan Lijiang Ancient Town.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA