Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Salju Bukan Hal yang Baru di Arab Saudi

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (Twitter)Tabuk, tempat di Arab Saudi yang turun salju (Twitter)
Tabuk - Salah satu daerah Arab Saudi yaitu Tabuk sedang bersalju. Tahukah kamu bahwa fenomena salju itu sebelumnya juga pernah terjadi di Arab Saudi.

Sedang heboh dengan fenomena kawasan gurun di Arab Saudi bersalju. Tepatnya kawasan ini berada di Tabuk, kawasan yang berbatasan dengan negara Yordania.

Tabuk adalah provinsi berada di bagian barat laut Arab Saudi. Ibu kota provinsinya adalah Tabuk, yang dihuni sekitar 500 ribu penduduk.

Tabuk cukup jauh dari kota-kota penting di Arab Saudi misalnya Makkah, Madinah, atau ibu kota negaranya, Riyadh. Jarak Riyadh ke Tabuk sekitar 1.400-an km. Naik mobil dari Riyadh ke Tabuk, bisa memakan waktu 12 jam. Enaknya naik pesawat, cuma 2 jam.

Salju Bukanlah Hal Baru di Arab SaudiTabuk, tempat di Arab Saudi yang turun salju (Twitter)

Dikumpulkan detikcom, Rabu (15/1/2020) fenomena salju di kawasan Arab ternyata juga pernah terjadi sebelumnya. Yaitu pada akhir tahun 2016.

Perubahan cuaca ekstrem pada November 2016 lalu menyebabkan sebagian gurun Arab Saudi mengalami suhu di bawah nol derajat. Perubahan suhu itu juga diikuti oleh turunnya salju dan banjir.

Salju pertama kali dilaporkan di bagian utara Arab Saudi pada tanggal 23 November 2016. Pada tanggal 25 November 2016, suhu mencapai -4 derajat Celcius di kawasan Turaif, wilayah perbatasan utara. Dan terdapat lapisan saju di wilayah tengah dan timur laut.


Perubahan suhu yang musiman ini ternyata juga disertai dengan hujan dan kilat. Fenomena alam ini pun menyebabkan banjir dan dilaporkan terdapat 7 orang yang meninggal karena banjir.

PAda tanggal 22 Desember 2016, salju juga turun di Palestina, Suriah dan bagian negara lain di Timur Tengah. Walau tidak terjadi setiap tahun, namun terkadang fenomena salju tetap mengejutkan dunia.

Diberitakan juga dahulunya, pada tahun 2013 beredar video seorang pria bermain salju di media sosial Arab. Di tahun 2015 seorang ulama mengeluarkan fatwa yang menentang pembangunan manusia salju.

Rentetan peristiwa di atas membuktikan bahwa salju bukanlah hal baru bagi kawasan Arab Saudi. Pada Januari 2016, salju turun di Makkah dan Madinah untuk pertama kalinya setelah 85 tahun.

Di tahun 2020, salju kembali turun di kawasan Arab Saudi, tepatnya di Tabuk. Diberitakan bahwa salju telah turun sejak hari Jumat (10/1) kemarin.
















Simak Video "Salat Id di Masjidil Haram, Kami Rindu Sujud Bersama"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA