Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 16:18 WIB

TRAVEL NEWS

Ramai Logo Baru Kemenparekraf, Seperti Ini di Negara Lain

Bonauli
detikTravel
Kumpulan branding pariwisata sejumlah negara (istimewa)
Kumpulan branding pariwisata sejumlah negara (istimewa)
Jakarta - Logo nomenklatur Kemenparekraf yang baru ramai dibicarakan. Kalau logo-logo kementerian pariwisata di negara lain, seperti apa ya?

Media sosial ramai membicarakan soal perubahan logo Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Perubahan logo ini dinilai terlalu kaku untuk 'nama' pariwisata dan ekonomi kreatif.


Menparekraf Wishnutama sendiri telah menjelaskan bahwa logo ini digunakan untuk logo resmi Kemenparekraf, bukan logo branding. Logo branding baru akan diperkenalkan pada bulan Agustus nanti.

Berkaca kepada negara lain, detikcom menghimpun beberapa negara yang memiliki logo resmi dan branding untuk bidang pariwisata, Rabu (15/1/2020).

1. Singapura

Negara tetangga ini memang kecil, tapi kemajuannya dalam teknologi dan pengembangan membuat Singapura tak bisa dipandang sebelah mata. Tak cuma urusan teknologi, Singapura juga kerja sangat keras untuk bidang pariwisata.

Singapura tak memiliki kementerian pariwisata seperti Indonesia. Negari Merlion ini mengatur pariwisata lewat badan yang diberi nama Singapore Tourism Board (STB).

Ramai Logo Kemenparekraf, Seperti Ini di Negara LainFoto: (Singapore Tourism Board)
Seperti Indonesia, Singapura juga memiliki 2 logo berbeda untuk urusan 'serius' dan branding. Logo STB sendiri terlihat sangat simpel dengan latar hijau dengan tulisan Singapore Tourism Board.

Untuk urusan branding, Singapura terbilang rajin untuk ganti-ganti. Dulu branding Singapura adalah Your Singapore, kini berganti menjadi Singapore Passion Made Possible.

Ramai Logo Kemenparekraf, Seperti Ini di Negara LainFoto: (Singapore Tourism Board)
Lagi-lagi logo branding Singapura sangatlah simpel. Dengan nama singkatan Singapura (SG) dibingkai dengan lingkaran merah, tagline Passion Made Possible diberi warna hitam.

Negeri ini rasanya tak ambil pusing soal logo dan tetek bengek lainnya. Karena yang penting adalah isi dari brandingnya. Tagline Passion Made Possible memberitahu wisatawan bahwa dengan semangat yang tinggi, tak ada hal yang mustahil untuk dikerjakan. Meskipun negara ini sangat minim sumberdaya alam.

2. Malaysia

Mendengar nama Malaysia, pasti terbayang dengan beberapa kesamaan budaya yang dimiliki dengan Indonesia. Punya kementerian pariwisata, negara ini punya 3 logo yang berbeda untuk urusan kementerian dan branding.

Kementerian Pariwisata Malaysia tak hanya menangi pariwisata saja. Ada seni dan budaya yang juga masuk dalam kementerian ini. Nama kementeriannya, Ministry of Tourism, Art and Culture Malaysia.

Ramai Logo Kemenparekraf, Seperti Ini di Negara LainFoto: (Ministry of Tourism Malaysia)
Urusan pariwisata ditangani sendiri oleh Ministry of Tourism. Dari sini sudah ada perbedaan logo dari Ministry of Tourism, Art and Culture Malaysia. Logo brandingnya pun beda lagi.

Mulai dari logo nomenklatur, Malaysia terbilang cukup serius. Hal ini didasari dengan pemerintahan kerajaan yang melatarbelakanginya. Logo ini berisikan dengan dua harimau yang memegang lambang negara Malaysia. Gambar bulan dan bintang berada di atas lambang tersebut.

Ramai Logo Kemenparekraf, Seperti Ini di Negara LainFoto: (Tourism Malaysia)

Supaya lebih terlihat jelas untuk urusan pariwisata, kemenpar Malaysia membuat logo dengan fokus ke tulisan. Logo tersebut hanya berisikan Tourism Malaysia dengan sedikit hiasan.

Ramai Logo Kemenparekraf, Seperti Ini di Negara LainFoto: (Tourism Malaysia)
Yang terakhir adalah logo branding. Malaysia dengan tagline Visit Malaysia Truly Asia 2020, memilih burung rangkong dan kembang sepatu dalam logo terbarunya. Logo ini terlihat warna-warni dan sangat menarik.

3. Thailand

Amazing Thailand, begitulah tagline dari Negeri Gajah Putih ini. Logo branding ini di mengilustrasikan wajah orang yang tersenyum.

Ramai Logo Kemenparekraf, Seperti Ini di Negara LainFoto: (Tourism Authority of Thailand)

Tak seperti Indonesia, pariwisata Thailand diurusi oleh badan otoritas. Logo dari badan pariwisatanya sendiri dibuat hanya dengan 2 warna, biru dan putih.

Ramai Logo Kemenparekraf, Seperti Ini di Negara LainFoto: (Tourism Authority of Thailand)
Ilustrasi Wat Arun dan Chao Praya yang ikonik disahkan menjadi logo resmi dari badan pariwisata Thailand. Tulisan Tourism Authority of Thailand dibuat setengah melingkar di bagian bawah gambar.

4. Amerika Serikat

Yang terakhir ada Amerika Serikat. Negara yang disebut-sebut menjadi kiblat dari logo Kemenparekraf yang baru ini memang memperlihatkan kegarangannya dalam tiap logo kenegaraan.

Sebelum masuk ke dalam logo, traveler harus tahu bahwa Amerika Serikat tak memiliki Kementerian Pariwisata. Urusan pariwisata dinaungi oleh Departemen Perdagangan.

Ramai Logo Kemenparekraf, Seperti Ini di Negara LainFoto: (USA.Gov)

Maklum, negara ini memiliki wilayah yang sangat luas dan sejumlah negara bagian. Urusan pariwisata tiap negara bagian akan dikerjakan oleh badan yang bernama International Trade Administration (ITA)

Dalam ITA terdapat lagi sejumlah kamar yang mengurusi perdagangan dan pariwisata. Urusan pariwisata diserahkan kepada National Travel & Tourism Office (NTTO).

Seperti yang beredar di media sosial, logo dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat sangatlah kaku. Dengan sebuah lingkaran terdapat nama departemen dan sejumlah lambang kenegaraan.


Burung elang yang adalah lambang negara Amerika Serikat masuk dalam logo. Di bawah elang terdapat ilustrasi kapal laut dan tugu obelisk.

Tak ada logo branding. Negara adidaya ini sudah mendapat cukup banyak perhatian dunia dengan kemajuan teknologinya.

Setelah membaca artikel ini, bagaimana pendapat traveler tentang logo Kemenparekraf yang baru?

Simak Video "Tak Anggap Malaysia Saingan Pariwisata, Wishnutama Lihat New Zealand"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA