Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jan 2020 12:08 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah 'Setan Merah' dari Papua

Bonauli
detikTravel
Foto: (bejomacho/d'Traveler)
Jakarta - Danau Sentani di Papua bukan cuma punya keindahan ciamik, ada pula kisah menarik soalnya. Salah satunya soal Red Devil alias Setan Merah yang ada di sana.

Papua tak cuma punya cenderawasih. Tanah Papua yang kaya juga dianugerahi danau cantik bernama Sentani. Tak cuma berparas cantik, danau ini juga memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat Papua.

Asal-usul nama Sentani punya beragam versi. Menurut Hari Suroto, peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Suku Sentani-lah yang memberikan nama ini.

"Suku Sentani menggunakan istilah buyakha untuk menyebut danau tempat tinggal mereka. Dalam bahasa Sentani, bu berarti air dan yaka berarti tempat kosong," ujar hari kepada detikcom.

Menurut hari, versi pertama dari nama sentani berasal dari katan endeni yang berarti tiba di sini. Hal ini berkaitan dengan perjalanan nenek moyang Sentani dari Papua Nugini menuju ke arah barat dan tiba di danau dan menetap di sana.

Ada 'Red Devil' di Danau SentaniFoto: Wikipedia

"Versi lainnya adalah dari istilah Sentani yang diperkirakan berasal dari kata hedam yang kemudian dilafalkan menjadi setam. Dari kata setam inilah muncul istilah 'sentani' yang terus digunakan hingga kini," jelas Hari.

Menjadi yang terbesar di Jayapura, Danau Sentani memiliki hulu di Pegunungan Cycloops. Tak cuma asal-usul namanya yang membuat danau ini spesial.

(selanjutnya: kisah Setan Merah)
Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA