Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Jan 2020 05:35 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Diego, Kura-kura Raksasa yang Mau Pensiun dari Bonbin

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: (Getty Images)
Jakarta - Perkenalkan Diego, seekor kura-kura berusia 130 tahun. Karena usia pula Diego si kura-kura kini ingin pensiun dari bonbin alias kebun binatang. Apalagi dia sudah "kerja" selama puluhan tahun, dengan menghasilkan seribuan anak.

Tidak hanya manusia yang pensiun, tapi kura-kura raksasa ini juga ingin beristirahat di masa tuanya. Sejak tahun 1976, penghuni Kebun Binatang San Diego ini telah tinggal di Pusat Kura-Kura Fausto Llerena di Pulau Santa Cruz, Galapagos. Di sini Diego sangat sibuk lho.

Selama ini, Diego membantu mengisi kembali spesies kura-kura raksasa dari Pulau Espanola, Galapagos. Diego juga mampu mengembalikan spesiesnya menjadi 2000 ekor. Perlu perjalanan yang sangat panjang untuk sampai ke tahap itu.


Program konservasi dimulai pada tahun 1965. Pertama-tama, program ini fokus pada penyelamatan spesies kura-kura lain di Pulau Pinzon. Lalu, pada tahun 1970, berkembang ke spesies kura-kura di Pulau Espanola, Galapagos.

Penyelamatan yang mereka lakukan menyangkut masalah hidup dan mati kura-kura. Awalnya hanya ada 14 kura-kura yang masih tersisa. Tapi, pada tahun 1976, para konservasionis memperkenalkan satu lagi kura-kura jantan yang diterbangkan dari rumahnya di Kebun Binatang San Diego untuk membantu memperbanyak spesies kura-kura raksasa, dialah Diego.

Kura-kura ini diterbangkan dari rumahnya ke kebun binatang San Diego untuk membantu memperbanyak spesies kura-kura jenisnya di Galapagos. Dan Diego mewujudkan harapan itu.


Menurut para peneliti, Diego telah menjadi simbol konservasi Galapagos. Diperkirakan, sekitar 40 persen penyu yang dipulangkan ke Pulau Espanola adalah keturunannya. Bukan hanya kura-kura itu yang membawa DNA Diego. Menurut kebun binatang San Diego, dia memiliki setidaknya 1.700 anak.

Sekarang, para peneliti mengatakan bahwa Diego yang telah berusia lebih dari 100 tahun akan pulang ke habitatnya di Pulau Espanola setelah bekerja selama berpuluh-puluh tahun.

Jika ditotal mulai dari Kebun Binatang di San Diego dan Pusat Kura-Kura Fausto di Galapagos, Diego telah "bekerja" hampir selama 80 tahun. Berhak dong Diego pensiun.




Simak Video "Santuy Abis! Momen Unik Kura-kura Tertidur di Dalam Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA