Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Jan 2020 23:25 WIB

TRAVEL NEWS

Piramida Giza yang Ternoda

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Piramida Giza di Mesir berulang kali jadi korban turis nakal. (Foto: iStock)
Kairo - Berulang kali Piramida Giza menjadi korban aksi turis nakal, mulai dari dipanjat sampai dijadikan tempat rekaman video bugil. Astaga....

Kelakuan turis yang 'menodai' situs bersejarah dengan ulahnya memang meresahkan. Baru-baru ini Piramida Giza di Mesir dipanjat traveler berkebangsaaan Amerika-Rusia bernama Vitaly Zdorovetskiy. Tujuannya untuk konten instagram dan mengajak orang berdonasi untuk kebakaran di Australia.

Akan tetapi apapun alasannya, tindakan turis tersebut jelas tak dapat dibenarkan. Ia pun diganjar hukuman bui selama 5 hari atas tingkahnya.

Ternyata kejadian serupa bukan kali pertama ini terjadi. Dari catatan detikcom, aksi memanjat Piramida Giza ini juga pernah terjadi pada awal 2016 lalu.



Kala itu traveler asal Jerman bernama Andrej Ciesielski (18) naik ke puncak Piramida Giza. Ia sempat ditangkap polisi lalu dibebaskan. Sebagai sanksinya ia dilarang masuk ke Mesir seumur hidup.

Selain kasus turis memanjat piramida, ada juga kasus menghebohkan lainnya pada akhir 2019 lalu yaitu beredarnya video bugil sepasang sejoli di puncak Piramida Giza.


Video yang ramai beredar di Youtube itu pertama kali diunggah pada 8 Desember 2019. Video menghebohkan berjudul Climbing the Great Pyramid of Giza itu memperlihatkan fotografer asal Denmark bernama Andreas Hvid (23) yang memanjat Piramida Giza bersama seorang wanita yang tampak melepaskan bagian atas pakaiannya.

Pemerintah Mesir kemudian mencari pelaku perekam video itu. Akhirnya pihak otoritas Mesir menangkap dua orang yang berperan membantu pembuatan video itu yaitu seorang wanita dan seorang pria pemilik unta.

Wanita yang ditangkap itu berperan memperkenalkan dua sejoli pada pemilik unta yang kemudian mengantarkan mereka ke Piramida Giza secara ilegal. Video itu sendiri direkam saat malam hari di akhir November 2019 lalu.

Piramida Giza yang Ternoda Piramida Giza (Archive Photos/ Getty Images)



Namun berdasarkan laporan dari surat kabar Denmark, Ekstra Bladet, Hvid menegaskan bahwa perempuan di video itu bukan kekasihnya. "Itu hanyalah pose, kami tidak memiliki hubungan seksual,"katanya.

Piramida Giza merupakan situs bersejarah yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Sejak November 2019 lalu, Parlemen Mesir menetapkan bahwa memanjat piramida adalah tindakan ilegal. Bagi yang melanggar akan dikenakan denda ribuan dolar dan penjara hingga 30 hari.

Simak Video "China Larang Turis Inggris dan Belgia Masuk Negaranya"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA