Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jan 2020 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Viral 'Surat Cinta' Turis Jepang buat Bandara Soekarno Hatta

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Bandara Soekarno Hatta (Foto: Angkasa Pura II)
Jakarta - Di Twitter viral surat yang memuji kebersihan Bandara Soekarno Hatta. Kabarnya, surat itu ditulis oleh turis Jepang, negara yang terkenal dengan kebersihannya.

Noriyuki Nakamura, demikian nama turis Jepang yang disebut sudah memuji kebersihan di Bandara Soekarno Hatta itu. Dalam surat yang bertulisan tangan tersebut, ia mengaku terkesan dengan kinerja staf kebersihan di Bandara Soetta.

"Dear manager, I'm Noriyuki Nakamura. This is the second time visit your airport. It is so clean! Cleaning staffs are so amazing!" tulisnya dalam penggalan kepala surat itu.

Di badan suratnya, Noriyuki secara terperincin mengaku terkesan dengan pekerjaan seorang petugas kebersihan wanita. Ia bahkan terkejut tak terkira saat petugas itu membersihkan bagian dalam tempat sampah. Ia pun membeberkan apresiasi dan pujian buat kebersihan Bandara Soekarno Hatta.


Terkait surat pujian yang viral itu, apa kata pengelola Bandara Soekarno Hatta?

"Oh surat dari WN Jepang ya, kemarin sudah baca. Kami posisi dipuji, pertama kami berterima kasih," kata Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno Hatta, dalam sambungan telepon, Senin (20/1/2020).

"Ia memperhatikan sampai se-detail seperti itu. Kalau dari pengamatan saya, sudah ada perubahan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya terkait kebersihan itu," imbuh dia.


Dijelaskan Agus bahwa pola kerja petugas kebersihan Bandara Soekarno Hatta memang senantiasa terus berbenah. Ini bagian transformasi dari perusahaan yang ia kelola.

"Saya melihatnya, cleaning kita sekarang, selama on duty dia tidak boleh pasif atau diam. Sampai-sampai dia membersihkan alat kerjanya sendiri. Dia kayak semut," kata Agus.

"Meski begitu mereka juga punya hak untuk istirahat, bukan robot. Ketika mereka dalam keadaan pasif ada tempatnya, yakni di ruang istirahat. Pandangan orang kalau ada petugas bandara istirahat di ruang publik nanti malah dikira malas. Begitu selesai istirahat harus aktif lagi," imbuh dia.


Selain itu, hal kedua bagi petugas kebersihan Bandara Soekarno Hatta dalam tupoksinya adalah harus bersikap ramah. "Mereka akan dilatih jika ada yang bertanya maka akan diarahkan ke yang bisa menjawab jika dia tidak tahu jawabannya. Setiap petugas gunakan rompi. Ask me di rompinya."

"Artinya pengunjung dapat menanyakan seluruh aspek di bandara. Mereka (petugas kebersihan) berasal dari anak perusahaan," tambah Agus mengakhiri topik ini.

Perkembangan Bandara Soekarno Hatta hingga mendapat surat cinta dari turis asing patut kita apresiasi. Mari kita awasi bersama salah satu bandara kebanggaan Indonesia ini.




Simak Video "Jokowi Resmikan 3 Landas Pacu Bandara Soeta, AirNav Siap Operasikan Ketiganya"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA