Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Jan 2020 08:15 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Singa Kurus dan Kurang Gizi, Netizen Langsung Beraksi

Syanti Mustika
detikTravel
Singa kurus di Sudan. (Osman Salih/Facebook)
Khartoum - Lima singa Afrika di kebun binatang (bonbin) Sudan ini tubuhnya kurus kering karena kurang gizi dan butuh obat-obatan. Nasib miris satwa yang idealnya tampil sangar dan gagah itu pun mengundang simpati netizen.

Singa Afrika di Taman Al Qureshi Khartoum di Sudan mendadak viral karena kondisi mereka yang memprihatinkan. Foto-foto mereka disebarkan oleh pengguna Facebook Osman Salih.


Dilansir detikcom dari beragam sumber, Osman menceritakan bagaimana mirisnya lima ekor singa di salah satu taman di Sudan ini dalam postingannya di tanggal 19 Januari 2020. Singa-singa itu sangat kurus, bahkan tulang mereka begitu terlihat di permukaan kulit.

Dalam postingannya, Osman menuliskan betapa terguncang dirinya melihat singa Afrika ini. Dia meminta semua pihak dan instansi terkait untuk turun tangan dan bertanggungjawab dengan kondisi singa tersebut.



Dalam postingannya, Osman juga menceritakan bahwa dia telah menghubungi kepala administrasi taman dan menunjukkan gambar tersebut kepada polisi satwa liar yang bertanggung jawab dalam perawatan mereka.

Diceritakan lebih lanjut bahwa sejatinya kondisi di Sudan secara umum sedang sulit, sehingga turut berpengaruh pada pemeliharaan bonbin dan taman sejenis di sejumlah wilayah. Osman pun menegaskan bahwa dia dan kawan-kawannya siap membantu pihak taman sesuai dengan prosedur.

Osman juga sudah berkonsultasi dengan sejumlah pakar hewan liar tentang cara merawat singa. Mereka sekaligus berinisiatif membuat kampanye online untuk mengumpulkan donasi, yang tidak hanya digunakan untuk perawatan kelima singa kurus tapi juga demi menunjang makanan serta kebersihan kandang.

Pihak bonbin sendiri mengakui bahwa singa-singanya itu memang sakit dan mereka juga dalam kesulitan. Seringkali pula mereka patungan untuk membeli makanan singa. Tapi dalam beberapa minggu terakhir kondisi hewan ini menurun drastis sehingga kehilangan berat badan sepertiga dari berat mereka.



Awal pekan ini Osman kembali membagikan perkembangan kasus singa kurus tersebut. Dia pun menceritakan bahwa dia telah berhasil berkoordinasi dengan beragam pihak untuk menyelamatkan singa-singa malang ini. Mulai dari pihak polisi satwa, medis, pihak taman, para aktivis, dan media turun tangan.

Pihak medis pun memberikan infus kepada singa yang malnutrisi ini. Sedih memang, melihat kondisi singa ini dari dekat. Tulang di tubuh mereka terlihat begitu jelas dari permukaan kulit. Bahkan ada singa betina yang berdiri saja tidak sanggup hingga harus diinfus.


Kabar baik lain setelah singa viral ini adalah organisasi internasional bernama FOUR PAWS International juga turun tangan akan merehabilitasi semua hewan, tidak hanya hewan di Taman Qurashi tapi juga diseluruh taman di Sudan.

Dalam penutup postingan keduanya, Osman mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu. Dia juga menjelaskan ke netizen bahwa dirinya tidak lagi membuka donasi. Bagi mereka yang ingin menyumbang kepada pihak taman bisa datang langsung ke sana.



Simak Video "Perdana Menteri Sudan Lolos dari Upaya Pembunuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA