Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Jan 2020 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Lewat Instagram, Jokowi Pamer Keindahan Labuan Bajo

Putu Intan
detikTravel
Jokowi berkunjung ke destinasi wisata super prioritas, Labuan Bajo. (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Jokowi tengah berkunjung ke salah satu destinasi wisata super prioritas yakni Labuan Bajo, NTT. Ia memamerkan keindahan destinasi itu lewat instagram.

Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah ditetapkan pemerintah sebagai destinasi wisata super prioritas. Itu artinya sejumlah pembangunan yang menunjang pariwisata akan difokuskan ke sana. Guna meninjau sejauh mana perkembangan pembangunan di sana, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun bertolak ke sana mulai Senin (20/1/2020) lalu.

Pantauan detikcom dari akun instagram miliknya @jokowi, ia memiliki sejumlah agenda selama berkunjung ke Labuan Bajo yaitu meninjau Puncak Waringin dan meresmikan sarana pendukung pariwisata yaitu salah satu hotel milik BUMN.

[Gambas:Instagram]

Di sela-sela kunjungannya, tak lupa ia memamerkan keindahan Labuan Bajo melalui foto-foto yang ia unggah ke instagram. Dalam salah satu foto, presiden RI ke-7 itu sedang duduk di atas Kapal Pinisi Felicia Plataran. Ia tampak tersenyum sambil menyaksikan matahari terbenam di pantai Labuan Bajo.

Jokowi juga tak sungkan mengakui pesona Labuan Bajo. Dalam sebuah caption ia mengatakan, "tak salah kiranya Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas. Pesonanya sebagai kawasan wisata bahari sungguh lengkap, dari pantai berpasir putih, laut yang indah untuk berenang dan menyelam, sampai pemandangan di saat matahari terbenam ini."

[Gambas:Instagram]

Kapal pinisi di Labuan Bajo juga dipromosikan Jokowi melalui video yang memperlihatkan momennya berlayar di lepas pantai Labuan Bajo. Ia juga menegaskan bahwa sekarang Labuan Bajo sudah punya beberapa kapal wisata yang siap mengangkut wisatawan.

Namun selain memuji Labuan Bajo, Jokowi juga tampak mengkritik beberapa masalah yang belum dibenahi di sana, salah satunya tentang sampah.

[Gambas:Instagram]

Dalam caption instagram dia mengatakan, "saya juga mendengar keluhan tentang sampah di laut, saya meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan gerakan pembersihan sampah. Sampah di darat juga begitu. Infrastruktur untuk pembuangan sampah harus segera diselesaikan."

Selain itu ia juga mengimbau agar masyarakat lokal diikutsertakan dalam membangun Labuan Bajo.

"Masyarakat lokal harus dilibatkan dan menjadi bagian dari pembangunan yang kita kerjakan. Keahlian dan kompetensi mereka harus disesuaikan dengan kebutuhan industri pariwisata. Termasuk, usaha mikro, kecil, dan menengah setempat tidak ditinggalkan.

Tenun, kopi, kerajinan, makanan khas bisa tumbuh. Atraksi budaya lokal, kesenian daerah juga harus semakin hidup dan menghidupkan area di Labuan Bajo."

Apabila segala aspek telah diselesaikan, ia berjanji akan melakukan promosi besar-besaran untuk Labuan Bajo. Hal ini terkait pula dengan sejumlah acara internasional yang akan diselenggarakan di sana seperti G20 Summit dan ASEAN Summit tahun 2023 dimana Indonesia akan menjadi ketua kedua perhelatan tersebut.

[Gambas:Instagram]

Agenda peninjauan Labuan Bajo ini terasa lebih santai dan menyenangkan. Hal itu terlihat dari foto Jokowi bersama sejumlah pejabat kementerian seperti Menteri Pariwisata Wishnutama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno yang duduk bersama di atas kapal pinisi.

Dalam postingan terbarunya, Jokowi yang mengenakan baju putih andalannya tampak melihat pemandangan Labuan Bajo dari Puncak Waringin. Ia memberikan testimoni bahwa wisatawan akan bisa melihat Labuan Bajo dengan leluasa dari tempat tersebut. Selain itu tempat ini juga akan dijadikan tempat berkumpulnya orang-orang kreatif.

"Nantinya, sebagai ruang publik bagi wisatawan untuk menikmati pagi maupun senja di Labuan Bajo, kawasan Puncak Waringin akan dilengkapi dengan pusat cenderamata, amfiteater, ruang terbuka hijau, area parkir, dan dek observasi," tulisnya dalam caption.

[Gambas:Instagram]

Seperti telah diulas sebelumnya, Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai destinasi wisata super premium mulai awal tahun 2020 ini. Target pasarnya adalah wisatawan dengan pengeluaran yang lebih besar dari wisatawan pada umumnya.

Labuan Bajo dibagi menjadi lima zona yaitu Bukit Pramuka, Kampung Air, pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang, Kawasan Marina, dan Kampung Ujung. Lebih lanjut, Jokowi juga mengimbau kelima zona itu harus jadi ruang publik yang tidak terputus sekaligus sebagai pusat aktivitas masyarakat di Labuan Bajo.



Simak Video "Jokowi Resmikan Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA