Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jan 2020 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Legenda Monster yang Makan Orang dan Tradisi Tahun Baru Imlek

Kris Fathoni W
detikTravel
Ilustrasi lampion yang juga punya tradisi tersendiri dalam Tahun Bar Imlek. (Foto: iStock)
Jakarta -

Alkisah, pada zaman dahulu kala ada seekor monster mengerikan bernama Nian. Menurut legenda, akibat Nian itu pula lahir tradisi perayaan Tahun Baru Imlek.

Seperti lazimnya festival tradisional di penjuru dunia, perayaan Tahun Baru China atau Imlek juga memiliki kisah dan mitosnya sendiri. Salah satu yang populer adalah mengenai monster Nian.

Mengutip ChinaHighlights.com dan sejumlah sumber lain, dikisahkan bahwa di zaman dahulu kalah hiduplah sesosok monster yang namanya Nian (atau Nianshou). Kepalanya panjang dengan tanduk-tanduk runcing yang tajam.

Sepanjang tahun monster tersebut hidup di dasar laut. Tapi setiap malam tahun baru China, ia keluar dari persemayaman dan memburu hewan ternak di desa terdekat. Tak cuma itu, warga desa pun dimakannya!

Oleh karena ancaman Nian, di hari Tahun Baru saat itu orang-orang desa akan mengungsi dulu sampai ke pelosok pegunungan terpencil. Mereka pun senantiasa hidup dalam ketakutan.

Pada satu ketika, seorang tua bijak datang menyambangi desa tempat Nian biasa beraksi setahun sekali. Rambut orang tua ini sudah memutih, kontras dengan wajahnya yang kemerahan.

Di saat Nian datang untuk kembali meneror desa, orang tua itu tetap bergeming di tempatnya. Ia tak ikutan sembunyi di pegunungan. Nah, orang tua berambut putih ini ternyata malah sanggup mengusir Nian pergi!

Sebelum Nian datang, orang tua itu rupanya sudah menempelkan beragam kertas merah di setiap pintu rumah, membakar batang-batang bambu guna memunculkan suara bergemeretak, menyalakan lilin di setiap rumah, dan memakai busana serba merah. Ah, rupanya orang tua itu tahu rahasia Nian yang gentar dengan suara ingar-bingar dan ragam warna merah.

Legenda Monster yang Makan Orang dan Tradisi Tahun Baru ImlekIlustrasi lampion dalam tradisi Tahun Baru Imlek. (Foto: iStock)

"Saat warga desa kembali, mereka kaget menemukan bahwa desanya tidak luluh-lantak diamuk Nian seperti tahun-tahun sebelumnya. Setelah itu, setiap Malam Tahun Baru, mereka pun menuruti instruksi si orang tua bijak dan Nian tak pernah muncul lagi."

Tradisi ini terus berlanjut. Menyambut Tahun Baru Imlek, orang-orang akan memasang lentera dan lampion merah. Ingar-bingar dari suara gemeretak batang bambu terbakar berganti jadi petasan dan kembang api. Semua demi menghalau Nian.

Yang menarik, Nian (/nyen/) alias 'monster tahunan' ini juga disebut punya bunyi dan karakter seperti 'tahun' di aksara China. Dijelaskan ChinaHighlights.com, Tahun Baru China pun disebut 'Guo Nian' yang bisa ditafsirkan 'merayakan tahun (baru)' atau 'mengatasi Nian'.



Simak Video "IRENE & SEULGI Bicara Penampilan Sensasional Mereka di 'Monster'"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA