Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jan 2020 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Kawasan Gunung Bromo Mulai Nihil Kendaraan Bermotor

M Rofiq
detikTravel
Foto: (M Rofiq/detikTravel)
Probolinggo -

Ada yang berbeda di area objek wisata Gunung Bromo. Menjadi hari pertama dari Car Free Month (CFM) Gunung Bromo tampak sepi dari kendaraan bermotor.

Memasuki hari pertama CFM di area objek wisata Gunung Bromo, pintu masuk Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo mulai lengang.

Sejumlah portal jalan menuju lautan pasir Gunung Bromo sengaja ditutup agar kendaraan bermotor tidak bisa masuk ke areal Kaldera Gunung Bromo. Penutupan sendiri, akan berlangsung mulai hari ini hingga (24/2/2020) mendatang.

Meski demikian, loket di pintu masuk Cemoro Lawang, tetap dibuka bagi wisatawan yang hendak berlibur di areal obyek wisata Gunung Bromo. Hanya saja, pengunjung bisa masuk areal wisata dengan jalan kaki atau naik sepeda, serta sewa ojek kuda.

Car Free Month Bromo, Suasana Kaldera Bromo Nampak LengangFoto: (M Rofiq/detikTravel)


Kepala Seksi Wilayah 1 TNBTS, Sarmin mengatakan, penutupan pintu masuk kendaraan bermotor, menuju areal wisata Gunung Bromo dilakukan di 4 Kabupaten. Mulai Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Disamping untuk CFM yang merupakan bagian recovery alam sekitar Bromo, penutupan juga bertujuan menghormati Ritual Wulan Kepitu yang sedang dilakukan warga Suku Tengger.

"Pemberlakuan penutupan ini, akan berlangsung selama sebulan. Harapan kami, wisatawan bisa memahami kondisi tersebut. Dan tentunya, mereka bisa tetap menikmati keindahan Gunung Bromo tanpa menggunakan kendaraan," terang Sarmin.

Car Free Month Bromo, Suasana Kaldera Bromo Nampak LengangFoto: (M Rofiq/detikTravel)


Adanya penutupan akses kendaraan, membuat sedikit kecewa pengunjung Bromo. Seperti disampaikan Adri, wisatawan asal Medan. Adri mengaku tak bisa melihat Gunung Bromo secara dekat, karena akses kendaraan bermotor tidak bisa masuk

"Maunya sih melihat Gunung Bromo secara dekat, tapi mobil dilarang masuk. Ya gak apa-apa dah, karena ini juga sebagai penghormatan warga lokal Bromo kan,"ungkapnya.

Car Free Month Bromo, Suasana Kaldera Bromo Nampak LengangFoto: (M Rofiq/detikTravel)


Bagi kamu yang ingin melihat pemandangan Gunung Bromo dengan leluasa, bisa melihatnya dari Puncak Seruni Poin, Bukit Mentigen, atau Penanjakan satu jalur Pasuruan. Di lokasi tersebut, dijamin puas menikmati keindahaan Gunung Bromo.



Simak Video "Gibran-Teguh Siapkan Blusukan dan Konser Online"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA