Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jan 2020 16:46 WIB

TRAVEL NEWS

Virus Corona dan Imlek yang Menyedihkan di China

Afif Farhan
detikTravel
Banyak kota di China membatalkan perayaan Tahun Baru Imlek akibat virus Corona (AP Photo)
Beijing -

Perayaan Tahun Baru Imlek, sejatinya menjadi pagelaran paling meriah dan dinanti di China. Tapi tidak tahun ini, karena ada virus corona.

Sejak awal Januari 2020, kasus virus corona mulai mewabah di China. Wuhan, kota di Provinsi Hubei dinilai menjadi 'sarangnya'.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, virus ini pun sudah menyebar ke berbagai kota seperti Beijing, Shanghai dan Hong Kong. Bahkan kasus virus corona telah terkonfirmasi menyebar hingga ke Singapura, Jepang, Thailand, Korea Selatan, Taiwan, Vietnam dan Amerika Serikat (AS). Hingga kini, lebih 500 pasien terjangkit virus corona di China dan 25 orang sudah meninggal dunia.





Virus corona yang saat ini mewabah di China masih satu famili dengan SARS dan MERS-CoV. Ahli virus Leo Poon berpikir kemungkinan corona virus baru ini berawal dari binatang di pasar hewan daerah dan menyebar ke manusia. Paling parah, bisa menyebabkan gagal ginjal hingga meninggal dunia.

Warga China memakai masker untuk mengantisipasi virus coronaWarga China memakai masker untuk mengantisipasi virus corona (AP Photo)



Celakanya, makin mewabahnya virus corona berdekatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek. Alhasil, banyak kota di China yang membatalkan berbagai acara perayaan Imlek dan meminta masyarakat tetap tinggal di rumah.

Dilansir detikcom dari AP, pemerintah China meminta warganya untuk tetap tinggal di rumah dan mengurangi aktivitas outdoor. Pihak rumah sakit juga diminta untuk terus memberikan penyuluhan dan memeriksa orang-orang yang dinilai terjangkit virus corona.

Banyak warga China yang meninggalkan Kota Wuhan yang disebut sebagai tempat mula munculnya virus coronaBanyak warga China yang meninggalkan Kota Wuhan yang disebut sebagai tempat mula munculnya virus corona (AP Photo)





DW News menulis, pemerintah Kota Beijing membatalkan seluruh rangkaian pagelaran Imlek terkait virus corona. Disebut-sebut, Beijing bakal menggelar perayaan Imlek paling meriah tahun ini seseantro China.

Badan organisasi kesehatan dunia alias World Health Organization (WHO), sudah menyatakan China 'darurat nasional'. Negara-negara lain seperti Inggris, Australia, dan Amerika Serikat sudah meminta warganya untuk menunda liburan ke China.

Virus Corona dan Imlek yang Menyedihkan di ChinaBanyak kota di China yang membatalkan perayaan Imlek tahun ini akibbat virus Corona (AP Photo/Dake Kang)



Hingga kini, belum ditemukan vaksin untuk menanggulangi virus corona. Warga China sendiri sudah merasakan bak 'akhir dunia' sebab terisolasi untuk ke mana-mana.

Jadilah tahun ini, sebagai Imlek yang menyedihkan di China. Sembari berharap, virus corona cepat diatasi.



Simak Video "Buntut Kasus Baru Corona, Keluar-Masuk Beijing Diperketat"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA