Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Jan 2020 15:05 WIB

TRAVEL NEWS

Makna Barongsai dan Liang Liong dalam Imlek

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi liang liong (Foto: detikcom)
Jakarta -

Perayaan Tahun Baru Imlek tak bisa lepas dari kehadiran barongsai dan liang liong. Apakah barongsai dan liang liong itu? Apa maknanya?

Dilansir chinahighlights, Rabu (22/1/2020), orang China selalu mengadakan Tarian Naga dan Singa di Tahun Baru Imlek. Tarian naga (liang liong) dan tarian singa (barongsai) adalah pertunjukan tradisional agar suatu festival atau acara-acara besar menjadi lebih meriah.

Masyarakat China tradisional yakin bahwa pertunjukan tarian naga atau singa (selama Festival Musim Semi) merupakan salah satu cara untuk berdoa. Tujuannya untuk keberuntungan dan mengusir roh jahat.

Tahun Baru Imlek memiliki berbagai bentuk perayaan yang unik di tiap daerah dan etnisnya. Namun, ada banyak kegiatan yang hampir sama dan menjadi tradisi.

Tradisi itu yakni mengunjungi anggota keluarga, mendekorasi, memberikan hadiah, mengadakan makan keluarga besar, dan melakukan beberapa praktik keagamaan seperti memberikan persembahan kepada leluhur atau membakar dupa. Hal-hal itu yang paling umum.

Sebelum Imlek dimulai, tradisi lainnya adalah melakukan pembersihan rumah secara menyeluruh. Ada juga yang membeli pakaian baru untuk memulai tahun baru agar tampil lebih segar dan dengan catatan (keberuntungan) yang baik.

Fakta unik lain tentang Imlek adalah mengenai kereta. Inilah waktu yang paling penting untuk reuni keluarga.


Tidak peduli seberapa jauh orang China pergi merantau dari rumah mereka, mereka akan melakukan apa saja untuk berkumpul keluarga pada malam tahun baru.

Oleh karenanya, Imlek selalu bikin stasiun di China penuh karena ada migrasi tahunan terbesar di dunia, ada sekitar 3 miliar perjalanan. Tiket keretanya pun akan cepat habis.

Fakta unik terakhir yang berkaitan dengan Imlek yakni pemberian angpau. Dalam budaya China, merah adalah warna keberuntungan, jadi memberi uang dalam amplop merah adalah cara untuk memberikan harapan terbaik, disebut uang keberuntungan.






Simak Video "Atraksi Barongsai Cilik, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA