Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jan 2020 15:14 WIB

TRAVEL NEWS

Instagram Kemenparekraf Posting Foto Borobudur yang 'Aneh'

Afif Farhan
detikTravel
Candi Borobudur Foto Aneh
Foto: (Instagram/indtravel)
Jakarta -

Akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mem-posting foto Candi Borobudur yang janggal. Kok ada gunung tinggi yang lancip banget?

Dilihat detikcom dari akun Instagram-nya, indtravel, pada Rabu (29/1/2020), posting-an foto tersebut menampilkan lanskap Candi Borobudur di Magelang yang indah. Dipotret dengan drone, terlihat Candi Borobudur dan hutan di sekitarnya yang begitu menawan.

Masalahnya, di belakang Candi Borobudur tersebut terdapat suatu gunung yang menjulang tinggi. Hal itu tentu terlihat 'aneh', karena sejatinya tidak ada gunung setinggi itu di sekitar Candi Borobudur. Netizen pun banyak yang mengomentari keberadaan gunung yang bagian atasnya 'lancip banget'.

[Gambas:Instagram]



Dayat atau yang akrab disapa Masday, seorang warga asli Magelang yang rumahnya di dekat Candi Borobudur, berkomentar soal foto tersebut. Menurutnya, foto itu adalah editan dan tidak ada gunung setinggi itu di sekitar Candi Borobudur.

"Di sekitar Candi Borobudur itu ada Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sindoro, Sumbing, dan Bukit Menoreh. Tidak ada gunung yang setinggi di foto itu," ujarnya kepada detikcom.

"Harusnya, jika diambil dari angle tersebut, harusnya kelihatan belahan Merapi dan Merbabu. Itu pun samar-samar, hanya siluet," tambahnya.


Dalam komentar di posting-an akun Instagram Kemenparekraf itu sudah banyak netizen yang berpendapat sama seperti Masday. Banyak yang bilang, foto itu adalah editan.

"Gunung apaan tuh, lancip banget," kata salah seorang netizen.

"Please lah, mana ada di Borobudur seperti ini, jangan membohongi publik, tidak ada view gunung seperti itu dari Borobudur," ujar netizen lainnya.

"Sejak kapan Kayak gini min, lebih baik yang nyata sih.. Olah digital menurutku sah aja, tapi kalau berlebihan kurang baik.. Apalagi sekelas Kemenpar loh. Terima kasih," sambut netizen lainnya.



Akun Instagram Kemenparekraf punya 619 ribu followers dan terverifikasi. Bagaimana pendapat kamu?

Instagram Kemenparekraf Posting Foto Borobudur yang 'Aneh'Foto: (Screenshot Instagram indtravel)


Simak Video "Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA