Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jan 2020 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Virus Corona Tak Pengaruhi Turis China di Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Sunrise Candi Borobudur
Foto: Candi Borobudur (Teguh Tofik Hidayat/d'Traveler)
Magelang -

Virus Corona tak mempengaruhi tingkat kunjungan turis China di Candi Borobudur. Sejak awal bulan hingga sekarang, ada 800-an turis China liburan ke sini.

Berdasarkan data yang diperoleh sejak awal bulan Januari hingga hari ini, ada 800-an turis mancanegara dari China yang liburan ke Candi Borobudur. Bahkan, jika dibandingkan dengan turis dari negara-negara lainnya, turis dari China masih mendominasi.

Jika dibandingkan dengan data bulan Januari tahun 2019, turis dari China sebanyak 1.372. Rupanya wabah virus Corona tidak membuat kunjungan menurun.


General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, turis mancanegara dari China masih mendominasi kunjungan di Candi Borobudur.

"Untuk tanggal 1 sampai dengan tanggal 29 Januari ini, kurang lebih sekitar 800 orang dari China yang sudah berkunjung ke sini (Candi Borobudur)," kata Putu saat ditemui di Candi Borobudur, Rabu (29/1/2020).

Virus Corona Tak Pengaruhi Turis China di Candi BorobudurFoto: GM Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana (Eko Susanto/detikcom)


Dibandingkan dengan turis mancanegara negara lainnya, kata Putu, pengunjung dari China ini yang utama, kemudian disusul dari Malaysia. Menyinggung untuk antisipasi terhadap virus corona, di loket tiket masuk disediakan masker.

"Saat libur Imlek kemarin, kami sudah antisipasi para petugas semuanya kami siapkan masker. Bagi para pengunjung yang merasa kurang yakin datang ke sini, kami siapkan masker secara gratis. Kemudian kami juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan mengantisipasi bila ada salah satu dari wisatawan itu terkena gejala-gejala yang ada," ujar Putu.

Virus Corona Tak Pengaruhi Turis China di Candi BorobudurDisediakan masker (Eko Susanto/detikcom)


"Tidak ada pengaruh justru banyak sekali pengunjung atau wisatawan (China) yang datang ke sini," imbuhnya.

Adapun tiket masuk menuju Candi Borobudur bagi turis mancanegara kategori dewasa sebesar USD 25 per orang, kemudian anak dan pelajar USD 15 per anak.

Sedangkan tiket masuk wisatawan nusantara Rp 50.000 per orang kategori dewasa, sedangkan anak-anak dan pelajar Rp 25.000 per anak.



Simak Video "Duh! 512 Tahanan di China Terinfeksi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA