Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jan 2020 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Soal Gunung 'Lancip' di Borobudur, Ganjar Pranowo: Apa Ada?

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Solo, Kamis (5/12/2019).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Semarang -

Heboh postingan Instagram Kemenparekraf soal gunung 'lancip' di Candi Borobudur, juga bikin Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertanya-tanya.

Foto gunung 'lancip' tersebut diposting oleh akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), indtravel pada Rabu (29/1) kemarin. Foto itu, aslinya adalah milik fotografer bule dengan nama akun @jerre_stead yang dipotret dengan drone. Akun Instagram Kemenparekraf, me-repost-nya.



[Gambas:Instagram]



Foto itu menampilkan lanskap Candi Borobudur di Magelang yang indah. Dipotret dengan drone, terlihat Candi Borobudur dan hutan di sekitarnya yang begitu menawan.

Masalahnya, di belakang Candi Borobudur tersebut terdapat suatu gunung yang menjulang tinggi. Hal itu tentu terlihat 'aneh', karena sejatinya tidak ada gunung setinggi itu di sekitar Candi Borobudur. Netizen pun banyak yang mengomentari keberadaan gunung yang bagian atasnya 'lancip banget'.

Ratusan komentar netizen di foto itu mempertanyakan, apakah ada gunung 'selancip' atau 'seramping' itu di dekat Candi Borobudur? Bahkan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga bertanya-tanya.

"Di Jawa Tengah gunung seperti itu apa ada?" katanya saat dihubungi detikcom, Kamis (30/1/2020).

Heboh Gunung 'Lancip' di Borobudur, Ganjar: Apa Ada?Foto: (Screenshot Instagram indtravel)



Ganjar berharap foto tersebut segera diberi penjelasan dan juga diikuti foto asli tanpa editan agar bisa memberikan gambaran asli keindahan Borobudur dan situasi di sana.

"Jelaskan, tampilkan yang asli sehingga orang tahu," tegasnya.



Beberapa warga asli di Magelang pun mengaku tidak ada gunung 'lancip' di dekat Candi Borobudur. Memang, ada sekitar 6 gunung di sekeliling Candi Borobudur.

"Saya sebagai warga masyarakat Borobudur, sebagai pelaku seni juga pariwisata di sini, juga tentunya ketika saya lihat pertama kali foto itu, 'wah indah, kagum, bagus' begitu kan. Tetapi, ketika saya cermati memang ada keanehan foto itu gunungnya kayaknya bukan Sumbing, bukan Merapi, ini gunung apa. Jadi, pertanyaan," kata seniman Borobudur, Umar Chusaeni.

Dayat, warga asli Borobudur pun berpendapat serupa. Tidak ada gunung dengan lanskap yang ditampilkan seperti di Instagram Kemenparekraf itu.

"Di sekitar Candi Borobudur itu ada Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sindoro, Sumbing, dan Bukit Menoreh. Tidak ada gunung yang setinggi di foto itu. Harusnya, jika diambil dari angle tersebut, harusnya kelihatan belahan Merapi dan Merbabu. Itu pun samar-samar, hanya siluet," terangnya.



Akun Instagram resmi promosi wisata Kabupaten Magelang, wisata_magelang pun turut berkomentar pada postingan foto Candi Borobudur yang heboh di Instagram Kemenparekraf. Tertulis, gunung seperti itu tidak ada di Magelang.

"Terima kasih telah bantu promosi wisata di Kabupaten Magelang min.. tapi mohon maaf itu foto editan dan hoax. Tidak ada gunung seperti itu di Magelang. Mohon dikonfirmasi takutnya menurunkan citra wisata di Magelang, seperti kasus di Bali beberapa waktu lalu. Terimakasih min," tulisnya.

Heboh Gunung 'Lancip' di Borobudur, Ganjar: Apa Ada?Foto: (Screenshot Instagram indtravel)


Simak Video "Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA