Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Feb 2020 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Sedia Camilan Sebelum Monyet Datang... Padahal di Sekolahan

Kris Fathoni W
detikTravel
Kawanan Monyet di Ciamis
Ilustrasi monyet. (Foto: Dadang Hermansyah)
Jakarta -

Bukan tempat wisata, sebuah sekolah putri senantiasa menyiapkan makanan buat para monyet. Mereka sedia camilan karena gerombolan monyet memang suka datang.

Tiruttani Government Girls Higher Secondary School, seperti terindikasi dari namanya, adalah sekolah putri di Chennai, India, yang dikelola oleh pemerintah. Sekolah ini mulai berfungsi sejak akhir 1980-an dan menampung sekitar 1.500 pelajar.

Diberitakan TheHindu.com, yang menarik dari sekolah ini adalah lokasinya yang dikelilingi pepohonan. Kegiatan belajar mengajar pun acapkali digelar di tempat terbuka terutama ketika para pelajar senior sedang ujian.

"Pada sesi-sesi inilah terkadang ada suara monyet yang terdengar saat mereka turun dari pepohonan dan kemudian mengambil botol air atau tas sekolah. Kami harus mengejar mereka sebelum kemudian melanjutkan kelas," ucap seorang guru.

"Problem tentang monyet ini lazim terjadi saat makan siang. Mereka biasa lari dengan membawa kotak makan siang (kami) dan terkadang juga dengan setumpuk makanan," timpal seorang pelajar.

Itu mengapa pihak sekolah kini senantiasa menyiapkan kotak-kotak camilan. Itu dimaksudkan untuk mengantisipasi monyet-monyet tersebut demi tidak membawa kabur makanan para siswi.

Apalagi, sejumlah orang tua murid juga bilang kalau monyet-monyet ini juga mencabik-cabik kursi sepeda yang terparkir di wilayah sekolah. "Masalahnya adalah banyak sekolah di Tiruttani. Mereka (monyet) biasanya datang untuk mencari air."

Disebutkan pula bahwa pada dasarnya monyet-monyet ini terbilang ramah. Mereka pun terbiasa masuk sampai ruang kelas pada saat ujian.

"Tapi sejauh ini mereka tidak pernah menggigit atau mengganggu siapa-siapa. Monyet dan anjing yang berkeliaran di dalam sekolah sudah jadi jinak," ujar seorang orang tua murid.

Sementara itu seorang petugas dari Kementerian Pendidikan setempat sudah menyatakan bakal berkoordinasi dengan Departemen Kehutanan untuk mengatasi masalah monyet di sekolahan ini. "Kami belum menerima keluhan sejauh ini," ucapnya.



Simak Video "Akibat Serangan Kera Liar, Seorang Bayi Alami Luka di Kepala"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA