Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Feb 2020 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Berita Populer Sepekan: Kebiasaan Unik Orang Jepang

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Inemuri Jepang
Foto: Kebiasaan tidur orang Jepang (Adrian Storey (Uchujin)/BBC)
Tokyo -

Jepang memang kaya akan budaya, termasuk kebiasaan unik orang-orangnya. Tahukah kamu, orang Jepang biasa tiduran di tempat umum dan suka pakai masker.

Jepang memang selalu menarik untuk dibahas. Selain keindahan alamnya, soal kebudayaan dan kebiasaan orang-orang Jepang pun menarik untuk diulas.

Salah satunya adalah soal kebiasaan orang Jepang yang bisa tidur dimana saja, termasuk di tempat umum. Dihimpun detikTravel, Sabtu (1/2/2020), rutinitas pekerjaan yang tiada henti seakan membuat orang Jepang bekerja bak robot. Gila kerja sudah seperti candu yang mendarah daging bagi orang Jepang.

Orang Jepang pun lekat dengan yang namanya kurang tidur. Akibatnya, tubuh akan mencuri waktu untuk istirahat pada siang hari. Pemandangan orang Jepang yang tidur di tempat umum jadi hal yang biasa.

Tidur di tempat umum ini dikenal dengan nama Inemuri. Nama ini sebenarnya adalah dua aksara China. 'I' memiliki arti hadir, sedangkan 'nemuri' artinya tidur.


Karena sudah kebiasaan, inemuri dipandang sebagai keterlibatan subordinat yang diizinkan, selama tidak mengganggu situasi sosial. Sama saja seperti saat kita sedang melamun.

Jadi jangan heran kalau kita liburan ke Jepang, kemudian menjumpai pemandangan orang Jepang memakai baju rapi atau jas sedang tertidur di halte atau stasiun kereta. Mungkin mereka ketiduran karena kelelahan bekerja.

Berita Populer Sepekan: Kebiasaan Unik Orang JepangFoto: (Adrian Storey (Uchujin)/BBC)



Kemudian ada satu lagi kebiasaan orang Jepang yang barangkali pernah kita lihat. Mereka suka sekali mengenakan masker. Sebenarnya ada alasan mereka melakukan ini.

Di Jepang, perkara buang ingus di tempat umum ternyata masuk norma kesopanan, yang sebaiknya tidak dilakukan. Mereka sepakat bahwa membuang ingus sebaiknya dilakukan tidak di depan orang-orang atau dilakukan saat tidak ada orang di dekatnya secara diam-diam.


Orang Jepang akan mengenakan masker untuk melindungi diri mereka agar tidak sakit atau untuk mencegah bakteri miliknya menyebar. Jadi ketika melihat orang Jepang memakai masker, mungkin karena mereka sedang sakit dan tidak ingin menulari orang lain.

Alasan lain penggunaan masker adalah untuk menjaga wajah mereka tetap hangat dalam cuaca dingin, menutupi jerawat, atau karena tidak ingin orang-orang melihat wajah mereka tanpa polesan makeup.

Berita Populer Sepekan: Kebiasaan Unik Orang JepangFoto: DW (News)


Simak Video "Video Dahsyatnya Terjangan Banjir di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA