Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Feb 2020 15:32 WIB

TRAVEL NEWS

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Hadapi Global Warming?

Syanti Mustika
detikTravel
llustrasi seseorang bersepeda dengan temannya dengan tampak bahagia
Ilustrasi bersepeda ( Thinkstock)
Jakarta -

Walaupun hal kecil yang kita lakukan, tapi sangat berarti dalam mengurangi global warming. Ingin lebih peduli dengan pemanasan global? Lakukan saja hal-hal ini ya.

Global warming merupakan masalah bersama. Bumi ini milik kita, kita yang tinggal di dalamnya, kita yang hidup di dalamnya dan kita jugalah yang harus menjaganya bukan?

Yuk, jangan biarkan Bumi kita 'sakit' terlalu lama. detikcom telah merangkum hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi global warming.

1. Ayo berani bicara dan mulai


Tidak perlu dalam langsung skala besar dalam bicara hal tentang menjaga lingkungan. Kamu bisa mengajak keluarga atau sahabat dekat mu untuk sama-sama melangkah peduli pada bumi.

Seperti buang sampah pada tempatnya, menggunakan kantong belanja ramah lingkungan dan mengurangi pemakaian plastik untuk pribadi. Hal ini juga bisa kamu lakukan saat traveling lho. Tidak ada salahnya selalu sedia tote bag buat belanja kan?

2. Mengganti bola lampu

Gunakanlah bola lampu yang ramah lingkungan dan hemat energi. Ini bisa membantu mengurangi pemakaian energi karbon dioksida lho. Kamu bisa cari tau lebih jauh seperti apa lampu yang hemat energi.

Ilustrasi kendaraan umumIlustrasi kendaraan umum (Foto: Agung Pambudhy


3. Gunakan transportasi umum

jika kamu punya kendaraan pribadi, cobalah jadwalkan waktu tertentu kamu bepergian dengan transportasi publik. Sebagai contoh, kamu memberlakukan Selasa dan Jumat sebagai hari wajib transportasi publik.

Hal lain yang juga kamu lakukan adalah bepergian dengan sepeda. Perbanyak jugalah jalan kaki, ini juga demi kesehatan kamu lho. Dengan sadarnya pemilik kendaraan pribadi akan perannya menyumbang karbon dioksida, global warming bisa kita kurangi bersama. Ayo!

Serta kamu yang punya kedaraan pribadi, periksalah ban kendaraan kamu. Karena saat ban menggembung dengan benar, ini bisa meningkatkan jarak tempuh dan mengurangi pengeluaran gas hingga 3 persen lho.

4. Hemat listrik


Matikanlah lampu atau benda-benda elektronik bila tidak diperlukan. Saat siang hari kamu bisa manfaatkan cahaya Matahari sebagai penerangan.

Bila kamu sering mandi dengan menggunakan air hangat, bisa nih mengubah kebiasaan ini. Karena saat kamu menggunakan air panas, tentu energi listrik yang terpakai lebih besar. Mandi air dingin juga enak kok.

Matikan juga perangkat elektronik seperti Tv, radio, pemutar DVD, stereo dan komputer bila tidak digunakan ya. Ini sangat mengurangi ribuan karbon dioksida pertahunnya lho.

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Global Warming?Ilustrasi sampah yang menumpuk ( Abdy Febriady)


5. Daur ulang sampah sendiri

Limbah rumah tangga juga berperan dalam meningkatkan karbon dioksida di udara lho. Kamu bisa mendaur ulang limbah rumah tangga sendiri kok. Hal ini bisa mengurangi 2.400 pounds karbon dioksida pertahunnya. Bayangkan jika satu provinsi melakukannya, dampaknya sangat besar.

6. Hemat air

Gunakanlah air seperlunya dalam keseharian, baik untuk rumah tangga maupun saat bekerja. Karena jika kamu semakin banyak memakai air, semakin banyak juga energi untuk memompa, memanaskan, dan mengolah air.

Misalnya nih saat kamu mandi, matikanlah air kran saat menggosok gigi atau sabunan. Juga bisa nih bila kamu punya uang lebih gunakanlah perlengkapan rumah tangga yang berlabel hemat energi.

Ilustrasi air keranIlustrasi air keran (Foto: thinkstock)



7. Gunakan pemanas dan pendingin ruangan dengan cerdas

Jika saat musim panas, kita sangat bergantung dengan pendingin ruangan. Begitu juga dengan musim dingin menggunakan penghangat. Kamu bisa membantu peduli lingkungan dengan cara menaikan suhu pendingin (saat panas) atau menurunkan suhu pemanas (Saat dingin) 2 derajat saja. Ini bisa menghemat 2.000 pounds karbon dioksida per tahunnya.

8. Menanam pohon

Sedih kan saat melihat hutan atau gunung yang hijau berubah menjadi lahan gundul? yuk lah kita tanam pohon, satu saja sudah sangat penting bagi bumi.

Bila kamu tidak punya lahan, bisa juga bergabung atau menyumbangkan tenaga atau uang ke komunitas lingkungan. Mereka sering juga mengadakan acara tanam pohon dan kegiatan lingkungan lainnya.

Ilustrasi belanja di pasarIlustrasi belanja di pasar Foto: Pradita Utama


9. Keringkan baju dengan menjemur

Kalau tidak terpaksa banget, jangan terlalu menggunakan pengering pakaian pada mesin cuci ya. Tahukah kamu, energi yang digunakan mesin untuk mengeringkan baju sangatlah tinggi.

Manfaatkanlah hangat cahaya Matahari untuk mengeringkan baju kamu. Sederhana sih tapi sangat berperan besar dalam menghemat energi.


10. Beli produk lokal dan makanan segar

Bila rumah kamu lebih dekat ke pasar tradisional dibandingkan supermarket, mungkin kamu bisa membelokan langkah berbelanja kamu ke pasar tradisional. Di sisi lain kamu bisa menghemat energi kendaraan, juga membantu perekonomian warga pasar.

Kenapa kita biasakan membeli makanan segar? karena jika kita membeli makanan beku, otomatis kita akan menyimpannya dan butuh energi lebih untuk mempertahankan supaya awet. Tentu saja butuh energi lebih untuk memprosesnya kan?

Dengan membeli bahan segar, kesehatan kamu lebih terjamin dan energi lebih tersimpan.

Yuk, mulai langkah kecil peduli global warming!









Simak Video "Sebelum Jakarta, Ini Deretan Dentuman Misterius di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA