Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Feb 2020 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Korea Terjangkit Corona Bukan Saat di China, tapi... dari Thailand

Putu Intan
detikTravel
Wabah virus Corona dari China memang cukup membuat warga di seluruh penjuru dunia harus bersiap siaga. Pasalnya, hingga kini ratusan korban jiwa telah menjadi korbannya.
Ilustrasi virus corona (AP Photo)
Jakarta -

Turis asal Korea Selatan positif terjangkit virus corona bukan saat berada di China. Dia justru pulang setelah wisata ke Thailand.

Untuk kali pertama, muncul kasus tertular virus corona dari luar China. Otoritas Korea Selatan pada Selasa (4/2/2020) mengumumkan seorang perempuan asal Korea Selatan terkonfirmasi terjangkit virus corona setelah berkunjung ke Thailand, yang merupakan salah satu negara di Asia Tenggara.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, Korea Centers for Disease Control dan Prevention (KCDC), yang menangani kasus itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi bahwa perempuan berusia 42 tahun itu kembali ke Korea Selatan pada 19 Januari setelah wisata ke Negeri Gajah Putih.

Ia mulai dirawat sejak mengeluh demam dan menunjukkan gejala serupa dengan serangan virus corona pada 25 Januari. Kondisinya tidak membaik hingga Minggu (2/2/2020). Rumah Sakit Nasional Chonnan yang menangani kasus itu akhirnya mengkonfirmasi bahwa perempuan itu terjangkit corona pada Selasa (4/2).

Thailand memang menjadi salah satu negara yang memunculkan kasus virus corona. Yakni, mencapai 19 kasus yang telah terkonfirmasi.

Bahkan, kasus penularan dari manusia ke manusia sudah terjadi di negara itu, seorang sopir taksi yang tidak punya riwayat bepergian ke China telah tertular virus corona dari turis yang sakit.

Sementara itu, sampai saat ini telah ada 16 kasus corona di Korea Selatan. Seluruh pasien telah dikarantina dan dirawat di rumah sakit.

Bangkok Post melaporkan bahwa Bangkok dan Hong Kong adalah tempat-tempat yang paling berisiko terdampak penyebaran virus corona. Itu disampaikan para pakar pemetaan populasi dari University of Southampton menyusul banyaknya orang yang berdatangan dari kota-kota China ke Negeri Gajah Putih itu.

Kendati demikian, Wakil Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, Tanarak Pipat, mengatakan pada minggu lalu bahwa risiko penularan corona di Thailand masih rendah. Sebagian besar kasus yang dilaporkan merupakan turis asal China.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA